Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak di Rumah

Tips Menumbuhkan Minat Baca Anak di Rumah

Tahukah Ayah bunda, ketika kita mempunyai anak umur dini, khususnya usia 3-6 tahun, menumbuhkan minat baca pada anak paling baik untuk pertumbuhan daya ingat maupun kreatifitasnya. Hal ini sebab pada lazimnya anak umur 3-6 tahun belum terbentuk karakternya, andai terus ditanamkan karakter Minat belajar mereka bakal tumbuh menjadi seorang pembelajar.

Kita juga dapat membantu anak di lokasi tinggal asalkan mengasyikkan anak tentu akan terus mengikuti, Nah, pekerjaan di lokasi tinggal ini dapat diterapkan oleh kita, lho. Berikut ini ialah tips untuk semua orang tua menumbuhkan Minat baca anak di rumah:

1. Berikan Contoh yang Baik
Ada baiknya kita sebagai orang tuanya pun menjadikan menyimak sebagai rutinitas. Apabila anak sering menyaksikan orangtuanya menyimak buku, sangat barangkali anak bakal menirunya. Terlebih, ketika Anda membaca kitab anak-anak, dapat menceritakan kepadanya bahwa kitab yang tengah kita baca paling seru. Anak pun bakal penasaran guna membacanya.

2. Mendongeng
Anak umur dini memiliki keterampilan membaca yang masih minim. Orang tua dapat membiasakan diri guna membacakan kisah atau dongeng kepadanya. Saat mendengar kisah yang kita baca, tak jarang ia mengenal kosakata baru, nilai-nilai baru, dan pengetahuan baru lainnya. Gaya mendongeng yang unik akan membuat khayalan anak bekerja.

3. Jangan Paksa Anak
Menumbuhkan minat baca anak bukan berarti memaksa anak untuk mengekor apa kata orang tua, yaitu harus tidak sedikit membaca di masa-masa senggangnya. Usia anak-anak masih suka bermain dan beraktivitas di luar rumah bareng teman-temannya. Saat anak dipaksa, bakal timbul desakan pada dirinya sampai-sampai anak malah semakin membenci pekerjaan membaca.

Sumber : www.studybahasainggris.com