Tips menjaga semangat Anda sepanjang hari

Karena begadang semalaman, Anda mungkin terlambat bangun ke Sahur pagi ini. Atau Anda yang tinggal di asrama lupa memasang alarm agar Anda tidak makan. Namun, ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat melanjutkan puasa hari itu. Menurut para ahli, masih banyak cara untuk menjaga semangat Anda sepanjang hari ketika Anda lupa makan sahur. Perhatikan delapan saran berikut, ya!

Tips menjaga semangat Anda sepanjang hari

1. Cari sinar matahari atau nyalakan lampu
kebiasaan gaya hidup sehat

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya yang kuat, terutama sinar matahari, bertindak sebagai sinyal alami agar tubuh tetap terjaga. Ini karena tubuh Anda bekerja dengan mengikuti jam biologis (ritme sirkadian) yang diatur oleh salah satunya dengan cahaya.

Untuk membuat Anda merasa penuh energi sepanjang hari, buka tirai di rumah. Jika Anda berada di kampus atau di kantor, duduklah di dekat jendela tempat matahari masuk. Jika cuaca mendung, nyalakan lampu yang cukup terang.

2. Mandi air dingin
mandi terlalu lama

Sebuah studi di Inggris dalam jurnal Behavioral and Brain Function melaporkan bahwa hanya tiga menit mandi air dingin dapat memerangi perasaan lemah dan lesu. Tenang, Anda tidak perlu mandi dengan air es, tidak seperti sebelumnya. Air pada suhu sekitar 20 derajat Celcius sudah cukup untuk membuat tubuh dan pikiran lebih segar. Jika Anda mulai merasa lesu di sore atau malam hari, basuh wajah Anda dengan air dingin.

3. Selingi bekerja dengan aktivitas fisik
berat setelah lebaran

Semangat Anda akan hilang dengan cepat jika Anda melakukan itu selama berjam-jam tanpa gangguan. Jadi, setelah bekerja di depan layar komputer selama satu setengah jam, misalnya, diselingi dengan aktivitas fisik ringan seperti berjalan di sekitar meja atau di gedung kantor.

Penelitian dari Universitas Georgia menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat membuat Anda merasa lebih kuat karena aliran darah menjadi lebih lancar. Apalagi, olahraga ringan juga mampu mengusir rasa lapar karena Anda lupa makan sahur.

4. Tidur siang
tidur siang saat puasa

Jika Anda memiliki cukup aktivitas bahkan jika Anda lupa makan matahari terbit saat fajar, Anda dapat memulihkan energi dan konsentrasi dengan tidur sebentar. Para ahli memperingatkan agar tidak tidur siang selama lebih dari 25 menit.

Pindah dari ini, jam biologis tubuh kacau, sehingga Anda menjadi malas. Kali ini jangan lupa untuk memasang alarm agar Anda tidak tidur terlalu banyak!

5. Regangkan
peregangan untuk sakit leher

Duduk di belakang layar komputer atau di ruang kelas sepanjang hari akan membuat Anda malas dan diam. Jadi, peregangan ringan di kursi bisa menjadi penyelamat. Regangkan seolah-olah Anda memutar tubuh bagian atas ke kanan dan kiri, memutar pergelangan kaki dan meluruskan tangan.

6. Dengarkan lagu-lagunya
cincin musik timpani

Di sore dan malam hari, perut Anda mungkin berisik dan Anda merasa sangat lapar. Untuk menghilangkan rasa lapar, dengarkan lagu favorit Anda dan jangan lupa bernyanyi. Penelitian dalam Journal of Music Therapy menunjukkan bahwa musik membantu pikiran menjadi lebih waspada dan segar dan membuat tubuh lebih kuat.

7. Cari kegiatan yang menyenangkan
kiat bekerja dengan lebih banyak gairah

Pada jam-jam yang rawan kelaparan, cobalah melakukan aktivitas yang Anda sukai. Jadi, atur hari Anda secara strategis. Misalnya, pada pukul dua siang, rencanakan pertemuan dengan kolega. Jadi, pada saat itu Anda tidak perlu duduk diam di depan layar komputer sambil membayangkan menu cepat yang mengguncang lidah Anda. Kuncinya adalah mengalihkan perhatian!

8. Pilih makanan sehat untuk istirahat cepat
menu takjil buka puasa untuk diet

Saat waktunya berbuka puasa, pilih menu sehat dan mudah dicerna. Karena Anda belum makan apa pun sejak kemarin. Disiapkan dengan buah segar yang kaya fruktosa.

Di dalam tubuh, fruktosa akan diubah menjadi gula dan karenanya menjadi energi. Ini bisa menggantikan energi dan resistensi yang hilang sepanjang hari. Hindari makanan yang kurang sehat dan sulit dicerna oleh tubuh, seperti makanan yang digoreng atau makanan pedas.

Baca juga: