Tips Memilih Salep Untuk Anus

Rasakan bintil lembut di bokong, rasa sakit saat duduk, rasa sakit saat tidak ada, sampai bab pendarahan bisa menjadi tanda bahwa Anda menderita wasir (wasir). Ada banyak penyebab wasir dan karenanya pilihan pengobatan juga bervariasi. Salah satunya adalah secara teratur mengoleskan salep pada benjolan wasir.

Pilihan salep untuk wasir dari dokter yang kuat dan aman
Wasir umumnya dapat menyembuhkan diri sendiri. Tetapi jika Anda tidak pulih setelah seminggu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Dokter Anda kemudian akan mendiagnosis seberapa parah kondisi ambeien Anda dan memberikan salep yang perlu dioleskan secara rutin. Apa saja pilihannya?

Tips Memilih Salep Untuk Anus

1. Salep hidrokortison
Untuk mengobati wasir, dokter umumnya akan memberikan salep untuk wasir yang mengandung hidrokortison.

Hidrokortison adalah kelas obat kortikosteroid yang berfungsi mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan gatal-gatal.

Salep wasir yang mengandung hidrokortison umumnya dapat dalam bentuk krim topikal atau krim dalam tabung yang dilengkapi dengan aplikator. Aplikator bekerja untuk menghindari risiko paparan bakteri dan infeksi melalui kontak langsung dengan kulit antara tangan dan anus.

Salep hidrokortison topikal dapat diterapkan pada wasir yang terlihat di anus (wasir eksternal / eksternal).

Berapa dosisnya dan bagaimana penggunaannya?

Salep wasir dengan kandungan hidrokortison dapat digunakan pada anak berusia 12 atau lebih. Salep topikal ini umumnya digunakan hingga 3 atau 4 kali sehari.

Sebelum menggunakan obat ini, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda untuk instruksi penggunaan. Gunakan salep untuk wasir hidrokortison sesuai resep dokter. Jangan menggunakannya terlalu banyak atau kurang dari yang disarankan oleh dokter Anda.

Obat ini tidak boleh digunakan jangka panjang karena ada risiko efek samping. Salep hidrokortison dapat menyebabkan efek samping seperti atrofi mukosa.

Jangan lupa memberi tahu dokter Anda jika gejala wasir membaik, memburuk, atau ada efek samping saat menggunakan salep. Jika membaik atau memburuk, dokter dapat mengubah dosis sesuai kebutuhan.

Jika Anda telah menggunakan salep hidrokortison dan itu belum membaik dalam 7 hari, berhenti menggunakannya dan hubungi dokter Anda.

2. Salep lidokain dan hidrokortison
Beberapa salep wasir juga mengandung kombinasi lidokain dan hidrokortison.

Hydrocortisone bertindak untuk mengobati gatal, bengkak, kemerahan dan ketidaknyamanan di anus.

Sementara itu, lidokain adalah agen anestesi yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara di daerah tersebut.

Bagaimana cara menggunakan dan dosis?

Salep untuk wasir ini diterapkan menggunakan aplikator khusus. Sebelum diaplikasikan, bersihkan area bengkak anus dengan sabun dan air mengalir. Bilas sampai bersih dan keringkan.

Biasanya kombinasi salep lidokain dan hidrokortison juga dilengkapi dengan tisu sekali pakai untuk membersihkan area anus wasir.

Jangan gunakan jari Anda untuk menggosok obat di anus. Saat Anda ingin menggunakannya, masukkan ujung aplikator dengan lembut hanya 1,5-2,5 cm ke dalam anus. Oleskan salep di dalam dan sekitar saluran anal seperti yang ditunjukkan dalam instruksi kemasan atau oleh dokter.

Jika produk adalah produk sekali pakai, buang semua bagian dan kemasan segera setelah digunakan. Jangan menggunakan kembali aplikator dan residu obat (jika ada).

Untuk mengoleskan salep di bagian luar anus, gosok sedikit dan gosok dengan lembut. Sekali lagi ingat, salep hidrokortison dapat memiliki efek samping dalam bentuk atrofi mukosa. Seharusnya tidak digunakan dalam jangka panjang.

Salep alami untuk meringankan gejala wasir di rumah
Selain pilihan salep untuk dokter Anda, Anda juga dapat menggunakan salep alami yang mungkin sudah Anda miliki di rumah. Berikut ini pilihannya:

1. Witch hazel
Witch hazel adalah salep berdasarkan Hamamelis virginiana, sejenis semak asli Amerika Utara. Daun dan kulit semak sering diubah menjadi salep.

Witch hazel diyakini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, gatal dan perdarahan karena wasir. Witch hazel telah terbukti mengandung tanin yang dapat membantu mengurangi peradangan dan memperlambat perdarahan.

Namun, belum banyak penelitian yang valid mengklaim bahwa salep wasir ini efektif untuk pengobatan wasir.

Untuk mencoba menyembuhkan wasir, oleskan salep witch hazel langsung pada kulit yang terkena. Oleskan salep 6 kali sehari setelah buang air besar.

Oleskan hanya pada wasir bengkak, tidak disarankan untuk menerapkannya sampai memasuki saluran anus. Pastikan Anda tidak memiliki alergi witch hazel sebelum digunakan.

2. Campuran krim gliserin dan garam epsom
Dikutip dari Cleve

Baca juga :