Tekanan Udara


Table of Contents

Tekanan Udara

Selain suhu atau temperatur udara, unsur cuaca dan iklim yang lain adalah tekanan udara. Tekanan udara adalah suatu gaya yang timbul akibat adanya berat dari lapisan udara. Besarnya tekanan udara di setiap tempat pada suatu saat berubah-ubah. Makin tinggi suatu tempat dari permukaan laut, makin rendah tekanan udaranya. Hal ini disebabkan karena makin berkurangnya udara yang menekan. Besarnya tekanan udara diukur dengan barometer dan dinyatakan dengan milibar (mb).

Tekanan udara dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:

1)      Tekanan udara tinggi, lebih dari 1013 mb.

2)      Tekanan udara rendah, kurang dari 1013 mb.

3)      Tekanan di permukaan laut, sama dengan 1013 mb.

Angin

Angin merupakan salah satu unsur cuaca dan iklim. Angin adalah udara yang bergerak dari daerah bertekanan udara tinggi ke daerah bertekanan udara rendah. Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang angin, yaitu meliputi:

  1. a)Kecepatan Angin
  2. b)Kekuatan Angin
  3. c)Arah Angin
  4. d)Macam-macam Angin
  5. Kelembapan Udara

Unsur keempat yang dapat berpengaruh terhadap cuaca dan iklim di suatu tempat adalah kelembaban udara. Kelembaban udara adalah banyaknya uap air yang terkandung dalam massa udara pada saat dan tempat tertentu. Alat untuk mengukur kelembaban udara disebut psychrometer atau hygrometer.

Kelembaban udara dapat dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu:

Ø  Kelembaban mutlak atau kelembaban absolut, yaitu kelembaban yang menunjukkan berapa gram berat uap air yang terkandung dalam satu meter kubik (1 m3) udara.

Ø  Kelembaban nisbi atau kelembaban relatif, yaitu bilangan yang menunjukkan berapa persen perbandingan antara jumlah uap air yang terkandung dalam udara dan jumlah uap air maksimum yang dapat ditampung oleh udara tsb.

                                                     Kelembaban mutlak udara

       Kelembaban Nisbi = –––––––––––––––––––––– x 100 %

                                                         Nilai jenuh udara

  1. Curah Hujan

Curah hujan adalah jumlah air hujan yang turun pada suatu daerah dalam waktu tertentu. Alat untuk mengukur banyaknya curah hujan disebut Rain Gauge. Curah hujan diukur dalam harian, bulanan, dan tahunan. Curah hujan yang jatuh di wilayah Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:

o   Bentuk medan atau topografi;

o   Arah lereng medan;

o   Arah angin yang sejajar dengan garis pantai; dan

o   Jarak perjalanan angin di atas medan datar.

 

Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/usaha-barbershop/