Tali Kerut (Purse Line)


Cincin  atau biasa disebut  ring pada umumnya berbentuk bulan, dimana pada bagian tenggahnya merupakan tempat  untuk  lewatnya  tali  kerut,  agar  ring  terkumpul    sehingga  jaring  bagian  bawah  tertutup.  Bahan  yang dipergunakan  biasanya  dibuat  dari  besi  dan  kadang-kadang  kuningan.  Ring  ini  selain memiliki  fungsi  seperti tersebut di atas berfungsi juga sebagai pemberat.

  1. Tali Kerut (Purse Line)

Tali  kerut  (purse  line)  yang  biasa  disebut  oleh  nelayan  sebagai  tali  kolor  adalah  tali  yang  berfungsi  untuk menggumpulkan ris, sehingga bagian bawah jaring tertutup dan ikan tidak dapat meloloskan diri. Tali kerut harus dibuat dari bahan yang kuat  sehingga pada umunya ukuranya  relatif  lebih besar. Bahan yang dipergunakan  biasanya  kuralon  (PVA)  dan  kadang-kadang  menggunakan  talki  polyester  (PE),  dan  kadang – kadang untuk purse seine dengan ukuran besar menggunakan tali baja. (warp).

2.1.4.  Ikan yang menjadi tujuan penangkapan 

      Purse seine banyar

Klasifikasi ikan kembung banyar berdasarkan Saanin (1994) adalah sebagai  berikut :

Phylum                        : Chordata

SubphyluM                 : Vertebrata

Kelas                           : Pisces

Subkelas                      : Teleostei

Ordo                            : Percomorphi

Sub Ordo                    : Scombroidea

FamilI                          : Scombridae

Genus                          : Rastrelliger                                                                                                                             Gambar 3. Ikan Banyar

Species                        : Rastreliger kanagurta

Ciri-ciri tubuh dari ikan banyar adalah badan agak langsing panjang kepala lebih tinggi dari tinggi kepala. Seluruh tubuh tertutup sisik halus dan terdapat corselet di belakang sirip dada. Terdapat selaput lemak pada kelopak mata. Usus 1,3-3,7 kali panjang badan.

Ikan kembung banyar memiliki warna biru kehijauan di bagian atas dan bagian bawah berwarna putih kekuningan. Dua baris totol-totol hitam pada punggung, satu totol hitam dekat sirip dada. Ban warna gelap memanjang di atas garis rusuk, dua ban warna keemasan di bawah garis rusuk. Sirip punggung abu-abu kekuningan. Sirip ekor dan dada kekuningan. Sirip-sirip lain bening kekuningan. Ikan ini memiliki panjang maksimum 35 cm dengan panjang rata-rata 20-25 cm (Murniyati 2004)

2.2. Alat Tangkap Trawl

 

Sumber :

https://weshop.co.id/samsung-luncurkan-galaxy-s8-warna-burgundy-red/