Sekda Apresiasi Program Gemar Sawia Kelurahan Katulampa

Sekda Apresiasi Program Gemar Sawia Kelurahan Katulampa

Program Gerakan Masyarakat Sadar Wilayah

Program Gerakan Masyarakat Sadar Wilayah atau Gemar Sawi yang digagas Kelurahan Katulampa mendapat apresiasi dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat saat mendampingi Ketua Tim Pembina Penilai Provinsi Jawa Barat Ade Afriandi dalam rangka Pembinaan Persiapan Penilaian Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2017 di Kantor Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Rabu (12/07/2017).

Lurah Katulampa Taufik

“Melihat gambaran yang dipaparkan Lurah Katulampa Taufik hal ini menggambarkan miniatur seluruh program pemerintah di Katulampa mulai dari pendidikan, kesehatan, kebudayaan, kemasyarakatan maupun yang lainnya. Saya sepakat dengan Lurah Katulampa, ini bukan hanya kebanggaan Katulampa semata, tetapi juga kebanggaan Kota Bogor dan Jawa Barat,” kata Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat dalam arahannya.

Hal ini secara tidak langsung menurut Ade menjadi bukti kehadiran pemerintah ditengah masyarakat dalam memberikan pelayanan dan bagaimana bentuk pelayanan di Katulampa menggambarkan miniatur pelayanan di Kota Bogor.

Ade melanjutkan materi yang disampaikan Lurah Katulampa sangat bagus

Gemar Sawi terlihat sederhana, tetapi memiliki makna yang luar biasa. Ade juga berpesan agar memahami substansi program yang ada didalamnya dan betul-betul diaplikasikan. “Ini menjadi bagian, sikap dan perilaku yang sedang dilakukan Kelurahan Katulampa melalui program Gemar Sawi,” ujar Ade.

Terkait pelayanan yang berkeadilan bagi masyarakat dari Pemerintah Kota Bogor yang diminiaturkan Kelurahan Katulampa diharapkan mampu membangkitkan kemandirian masyarakat, seperti beberapa poin yang terdapat dalam Gemar Sawi.

Sebagai contoh untuk pendidikan

Ada Saung atau Pos Pintar yang muncul karena bentuk kesadaran dan kemandirian masyarakat serta bermanfaat bagi masyarakat tanpa dukungan APBD, demikian halnya seperti posyandu dalam bidang kesehatan. Untuk pembangunan yang diminiaturkan Kelirahan Katulampa sudah sangat luar biasa, contohnya di jalan Regional Ring Road (R3) yang dikedua sisinya terdapat pohon tematik dan memberdayakan serta memandirikan masyarakatnya,” pungkasnya.

Sumber : https://dogetek.co/