Rumus Keliling Lingkaran dan Contoh Soalnya

rumus keliling lingkaran

Rumus Keliling Lingkaran – sebenarnya telah dipelajari sejak saya masih di sekolah dasar. Namun, formula lingkaran sering menipu karena rumus yang luas dan formula di sekitar lingkaran hampir sama. Oleh karena itu perlu memiliki pemahaman yang cermat sehingga tidak lagi tertipu oleh dua rumus serupa. Untuk ini, kita belajar bersama rumus lingkaran sehingga pemahaman lingkaran lebih dalam.

rumus keliling lingkaran

Beberapa rumus untuk dipelajari adalah area rumus lingkaran, rumus di sekitar lingkaran dengan jari-jari, rumus lingkaran dengan diameter, rumus diameter lingkaran dan juga bagian-bagian lingkaran bersama dengan penjelasan. Untuk itu, simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Lingkaran

Lingkaran adalah bentuk datar yang dibentuk oleh titik pusat dan serangkaian titik yang mengelilinginya pada jarak yang sama. Lingkaran memiliki radius dan diameter. Rumus lingkaran besar digunakan untuk menghitung luas permukaan bangunan datar yang dibatasi oleh kumpulan titik-titik yang mengelilingi titik pusat dengan jarak yang sama. Jarak dari pusat ke titik di sekitarnya sering disebut radius.

Rumus Keliling Lingkaran

Lingkar lingkaran mencakup panjang tepi tepi dalam bentuk kurva lengkap. Ilustrasi seperti ini, jika tali dibentuk oleh lingkaran lengkap sehingga bentuknya berbentuk lingkaran. Kemudian tali itu kembali membusuk, diluruskan, panjang senar di sekitar lingkaran. Bagaimana Anda menghitung keliling lingkaran?

Saat mencari di sekitar lingkaran, ada dua rumus yang bisa digunakan. Formula pertama digunakan jika lingkaran itu dikenal sebagai diameternya. Dan formula kedua digunakan untuk menghitung keliling lingkaran yang diameternya tidak diketahui. Berikut ini adalah diskusi dan contoh.

Jika diameternya tidak diketahui, kita bisa menggunakan jari untuk menghitung keliling lingkaran. Dikutip dari materi rumus yang digunakan untuk menghitung keliling lingkaran adalah :

k = 2 x π x r

Keterangan:

  • k = Keliling lingkaran
  • π = phi; nilainya 22/7 atau3,14
  • r = jari-jari lingkaran

Contoh Soal Keliling Lingkaran

Untuk lebih memahami cara menghitung keliling lingkaran, berikut ini adalah contoh pertanyaan dan diskusinya:

1. Ada lingkaran dengan jari-jari 50 cm, apa lingkar lingkarannya?

menjawab:

diberikan:

r = 50 cm

π = 22/7 atau 3.14

Begitu,

k = 2 x π x r

= 2 x 3,14 x 50

= 314 cm

Jadi keliling lingkarannya adalah 314 cm.

2. Ada lingkaran dengan jari-jari 49 cm, apa lingkar lingkaran itu?

menjawab:

diberikan:

r = 49 cm

π = 22/7 atau 3.14

Begitu,

k = 2 x π x r

= 2 x 22/7 x 49

= 2 x 22 x 7 = 308 cm

Jadi keliling lingkaran itu 308 cm.

Itulah materi singkat tentang rumus keliling lingkaran yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat…

Daftar Pustaka :

Wikipedia , RumusRumus.com