Prinsip-Prinsip Pembelajaran Menulis Sastra Anak


Prinsip-Prinsip Pembelajaran Menulis Sastra Anak

Prinsip-Prinsip Pembelajaran Menulis Sastra Anak

Prinsip-Prinsip Pembelajaran Menulis Sastra Anak

Prinsip-prinsip pembelajaran menulis sastra anak sama dengan prinsip-prinsip pembelajaran sastra fiksi. Prinsip-prinsip pembelajaran penulisan sastra anak harus dikuasai oleh guru agar proses pembelajaran berlangsung penuh makna dan menghasilkan suatu karya yang baik.
Prinsip-prinsip pembelajaran menulis fiksi antara lain sebagai berikut :
a.    Tujuan
Pembelajaran menulis fiksi harus memiliki tujuan yang jelas dari guru sehingga siswa memiliki arah dalam proses belajar tersebut. Selain itu, dengan adanya tujuan yang jelas diharapkan siswa dapat belajar secara optimal.
b.    Pemilihan Bahasa
Pemilihan bahasa disesuaikan dengan karakteristik siswa, yang berkaitan dengan perkembangan jiwa dan kemampuan bahasanya seperti lingkungan hidupnya, merupakan criteria yang harus dipertimbangkan guru dalam memilih dan mengembangkan bahan pembelajaran menulis fiksi. selain itu pemilihan bahasa juga disesuaikan dengan kemampuan berbahasa anak. Karena perlu diingat bahwa kemampuan berbahasa mereka masih terbatas.
c.    Penilaian
Penilaian merupakan bentuk penghargaan guru kepada siswa atas karya yang telah dibuat. Penilaian karya sastra tidak cukup hanya dengan memberikan nilai delapan atau tujuh pada siswa. Tetapi penilaian dapat dilakukan dengan memberikan komentar positif atau berupa pujian keapada siswa tersebut, dan memberikan kritik berupa motivasi kepada siswa yang hasil karyanya belum bagus. Dengan demikian siswa akan lebih memahami, lebih bangga, dan lebih tertantang untuk menciptakan karya yang lebih baik.

sumber :

DRAGON QUEST III 1.0.6 Apk + Mod (Unlimited Money) for android