Pesan JK kepada dokter cilik

Pesan JK kepada dokter cilik

Pesan JK kepada dokter cilik

Pesan JK kepada dokter cilik
Pesan JK kepada dokter cilik

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat Jusuf Kalla (JK) menekankan

, hidup sehat kepada dokter kecil se-Indonesia. Menurutnya, hal ini menjadi modal awal para dokter kecil untuk menjadi duta di daerah masing-masing.

“Yang terpenting adalah sehat. Ini awal mula untuk kalian menjadi dokter kecil,” katanya saat berbincang-bincang dengan para dokter kecil di Awards Dokter Kecil di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Jumat (4/10/2013).

JK mengatakan, Awards Dokter Kecil merupakan suatu pendidikan yang dapat membangun

budaya yang baik. Dari kecil anak-anak diajarkan untuk menjaga kesehatan. Selain itu, anak-anak juga diminta untuk dapat menjaga lingkungan serta latihan praktis dalam mengantisipasi bencana.

Kita dapat menjaga bibit bangsa seperti dengan megajarkan kebiasaan baik dan memperbaiki struktur untuk mengembangkan para dokter kecil,” katanya.

Dalam dialognya, JK menekankan kepada anak-anak harus rajin menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri, lingkungan, rumah dan sekolah. Salah satu menjaga kebersihan ialah rajin mencuci tangan dan mandi dua kali sehari.

Selain itu anak-anak juga harus kebiasaan. Kebiasaan yang meliputi biasa bangun pagi

, biasa berolahraga, membersihkan diri dan menjaga kesehatan serta menolong. “Bukan hanya bersih badan saja, tetapi juga tempat kalian berada dan sekitar juga harus bersih. Jika tidak bersih akan banyak kuman dan virus hal tersebut yang membuat sakit,” kata JK.

Dalam perbincangan bersama anak-anak, JK juga menerangkan tugas dan fungsi PMI. Menurut dia, PMI adalah orang yang sangat mulia selain dapat membantu dalam bencana alam, seorang PMI juga membantu sesama dalam bentuk darah.

“Yang penting jika kalian mau mendonor dan menjadi PMI harus berumur 17 tahun, sehat dan bebas dari penyakit,” pesan JK kepada para dokter cilik.

 

 

Baca Juga :