permasalahan yang ada di dunia perbankan yang menggunakan IT


permasalahan yang ada di dunia perbankan yang menggunakan IT

permasalahan yang ada di dunia perbankan yang menggunakan IT

permasalahan yang ada di dunia perbankan yang menggunakan IT
permasalahan yang ada di dunia perbankan yang menggunakan IT

maraknya modus – modus kejahatan pada dunia Perbankan.salah satunya adalah Modus Pembobolan pada ATM BCA atau Operandi ATMbank di Indonesia khususnya sejumlah bank di Bali saat ini tengah jadi perhatian media. Kejahatan perbankan ini diperkirakan mirip sindikat kejahatan internasional.

Modusnya, pelaku memasang sebuah alat yang dapat mengkopi data di kartu ATM, termasuk nomor PIN ketika nasabah melakukan transaksi. “Kemungkinan-kemungkinan seperti itu, bisa saja terjadi di sini, terutama di ATM-ATM yang pengamanannya kurang.

Sementara itu, Bank Indonesia dalam rilisnya menyebutkan, dari hasil penyelidikan awal diketahui telah terjadi pencurian data kartu ATM melalui proses skimming, tapping, dan pengintipan PIN oleh pihak yang tidak berhak. Untuk itu, pihak bank sudah melakukan langkah pengamanan yang dilakukan.

Menurut sumber sebuah bank nasional, yang juga menjadi korban kejahatan semacam itu, aparat berwenang dan bank telah menginvestigasi kasus tersebut. Sejauh ini sudah ada satu sindikat yang terdiri dua orang Rusia dan 5-7 orang Indonesia yang ditengarai melakukannya. Pelaku membawa data-data bank yang dicuri ke Toronto, Kanada, untuk di-dekripsi kemudian digunakan untuk melakukan pencurian dana.

Tips Meningkatkan Keamanan Transaksi Perbankan

Pada Pihak Bank :

  • Melengkapi ATM dengan pengaman tambahan seperti anti-skimmerpad cover dan kamera CCTV
  • Mengganti teknologi kartu dari magnetic stripe ke chip card
  • Memeriksa mesin ATM secara berkala, terutama adanya pemasangan alat-alat penyadap PIN
  • Meningkatkan monitoring terhadap transaksi-transaksi yang mencurigakan

Pada Pihak Nasabah :

 

  • Selalu waspada pada saat bertransaksi di ATM dan memperhatikan apakah ada alatskimmer ataupun penyadap lainnya
  • Mengupayakan bertransaksi di ATM yang berada di dalam cabang bank nasabah
  • Mengganti PIN secara berkala, misalnya 2-3 bulan sekali
  • Memindahkan cara transaksi ke Internet banking yang menggunakan token, yang jelas lebih aman daripada menggunakan ATM

Pihak Bank Indonesia :

 

  • Menyiapkan standar penggunaan teknologi chip card untuk kartu ATM
  • Mewajibkan bank mengaudit sistem keamanan secara berkala
  • Menjaga hasil audit dari kebocoran
  • Melakukan edukasi pada masyarakat
  • Menyiapkan strategi keamanan perbankan nasional dalam jangka pendek, menengah dan panjang

Sumber : https://nashatakram.net/digital-marketing/