Peristiwa Kontemporer Dunia: Perpecahan Cekoslovakia

Peristiwa Kontemporer Dunia: Perpecahan Cekoslovakia

Kamu sadar nggak sih terkecuali dulu negara Ceko dan Slovakia itu merupakan negara yang sama? Sayangnya, negara ini harus berpisah di tengah jalan dikarenakan sebagian hal. Ternyata bukan hanya kamu mirip doi doang yang harus pisah. Eh… Tahan dulu nangisnya, Squad. Mending kamu simak, nih apa saja penyebab terjadinya perpecahan Cekoslovakia. Kuy!

Republik Cekoslovakia

Sebelum bernama Cekoslovakia, negara ini terkenal bersama dengan nama “Bohemia” dikarenakan di lokasi berikut tersedia banyak pendatang dari suku Boiern. Di tahun 1917, berjalan pertemuan di Pittsburgh, Penssylvania, di mana Thomas Masaryk mewakili Ceko menandatangani perjanjian tersebut. Perjanjian itu mendorong penyatuan negara Czechia dan Slovakia menjadi Cekoslovakia yang resmi berdiri terhadap Oktober 1918. Cekoslovakia bersifat republik dan miliki pusat pemerintahan di Praha.

Nama “Cekoslovakia” disita dari dua etnis setempat yaitu etnis Ceko/Bohemia yang berada di sebelah barat dan etnis Slovak yang mendominasi lokasi timur. Sebelum menjadi negara merdeka, lokasi Cekoslovakia menjadi negara tempat memicu senjata dan menjadi gudang senjata sehabis Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Seiring perjalanannya sebagai sebuah negara, di tahun 1948-1989, Cekoslovakia-pun menjadi republik yang berpaham komunis.

Perpecahan Cekoslovakia

Selain miliki sadar komunis, Cekoslovakia jalankan politik tangan besi (menggambarkan rezim kepemimpinan yang keras dan kejam) hanya kepada pihak-pihak yang dianggap membahayakan keperluan pemerintah. Agama berada di bawah kendali pemerintah, ditambah penangkapan pihak-pihak yang dianggap antipemerintah.

Meski awalnya merupakan negara yang maju, lama-kelamaan Cekoslovakia mengalami kemunduran dikarenakan proses ekonomi yang terpusat. Hal ini mendorong munculnya gagasan dan tuntutan kepada pemerintah untuk jalankan reformasi. Salah satunya dari Alexander Dubček.

Pada tahun 1968, Dubcek yang proreformasi terpilih menjadi sekretaris tertinggi partai komunis. Ada sebagian kebijakan yang diberlakukan Dubcek. Salah satunya adalah melonggarkan pengawasan terhadap media. Periode reformasi ini sering disebut bersama dengan nama “Musim Semi Praha” (Prague Spring; Prazske Jaro). Hal-hal yang dikerjakan oleh Dubcek ternyata menyebabkan rasa tidak suka dari Uni Soviet, dikarenakan pendukung ideologinya berkurang. Uni Soviet selanjutnya menginvasi Cekoslovakia bersama dengan sebagian negara lainnya.

Pasca invasi yang dikerjakan oleh Uni Soviet, pasukan Uni Soviet masih di letakkan di Cekoslovakia peranan mengawasi pergerakan Cekoslovakia. Dubcek yang menjadi kepala negara tidak bebas untuk jalankan suatu hal dan selanjutnya mundur terhadap 1969. Kepemimpinannya digantikan oleh Gustáv Husák yang prokomunis. Di tahun ini juga, proses administrasi Cekoslovakia dimodifikasi menjadi proses federal yang terdiri menjadi dua negara federasi (bagian) yaitu Republik Sosialis Ceko dan Republik Sosialis Slovakia.

Pada 1989, berjalan demonstrasi yang disusul tekanan dari rakyat untuk jalankan reformasi politik. Sadar andaikata bersama dengan melawan demonstran hanya akan memantik masalah yang lebih besar, pemerintah Cekoslovakia selanjutnya melunak dan mengizinkan pembentukan pemerintahan koalisi bersama dengan kubu oposisi nonkomunis.

Terbentuknya pemerintahan koalisi sesudah itu diikuti bersama dengan naiknya Václav Havel sebagai presiden dari Cekoslovakia terhadap bulan Desember 1989. Periode dari komunis ke demokratis ini sesudah itu dikenal bersama dengan nama Revolusi Beludru atau dikenal juga bersama dengan Revolusi Velvet yang berjalan terhadap 17 November-29 Desember 1989.

Pada tahun 1990, Cekoslovakia merintis pemilu multipartai untuk pertama kalinya dan mempunyai Havel kembali terpilih sebagai presiden. Sistem ekonomi terpusat a la komunis tak kembali dijalankan, dan perusahaan swasta bermunculan. Media diberi hak seluas-luasnya didalam hal pemberitaan. Embel-embel “sosialis” didalam nama negara dihilangkan.

Revolusi ini ternyata menyebabkan perdebatan di didalam parlemen Ceko dan Slovakia. Hingga selanjutnya terhadap 1 Januari 1993, ke dua negara memutuskan menjadi negara yang merdeka. https://www.gurukelas.co.id/

Di samping Revolusi Beludru, penyebab lainnya adalah perpecahan didalam anggota parlemen dikarenakan tersedia yang menopang ada desentralisasi (pemusatan) dan tersedia yang tidak setuju. Akibat pusat pemerintahan yang berada di Kota Praha, anggota parlemen dari lokasi Slovakia tidak setuju dikarenakan dianggap tidak adil bagi wilayahnya.