Perekonomian Indonesia Pulih

Perekonomian Indonesia Pulih

Perekonomian Indonesia Pulih

Perekonomian Indonesia Pulih
Perekonomian Indonesia Pulih

Perekonomian Indonesia Pulih Awal 2010

Medan ( Berita ) : Pengamat ekonomi di Medan, Hasyim, SE memprediksi perekonomian Indonesia baru akan pulih sekaligus terbebas dari segala dampak krisis keuangan global pada awal tahun 2010.

“Kondisi perekonomian dan perpolitikan di dalam negeri diperkirakan belum akan membaik tahun depan (2009). Kedua aspek itu diperkirakan baru akan pulih total pada awal tahun 2010,” katanya di Medan, Jumat [26/12].

Dalam catatan akhir tahunnya, tokoh pengusaha muda yang juga dikenal dengan nama Oei Kien Lim itu menilai kecil kemungkinan perekonomian Indonesia membaik dalam waktu dekat, meski harga minyak dunia sudah menunjukkan penurunan yang signifikan yang diikuti penurunan harga BBM di dalam negeri.

“Kecil kemungkinan perekonomian akan membaik pada tahun 2009. Tapi kita optimistis perekonomian akan benar-benar pulih pada tahun 2010,” katanya.

Ia mengakui penurunan harga minyak dunia yang disusul dengan penurunan harga BBM di dalam negeri akan menjadi stimulan sekaligus indikator bakal terjadinya perbaikan perekonomian nasional.

Hanya saja, penurunan BBM belum benar-benar diikuti oleh penurunan harga bahan kebutuhan pokok. “Tapi kita yakin harga sembako pada saatnya juga akan ikut turun, apalagi masalah sembako ini bakal menjadi salah satu isu perpolitikan penting pada pemilu mendatang,” katanya.

Pada bagian lain Hasyim mengatakan, berakhirnya pesta demokrasi berupa pemilu legislatif dan pilpres tahun depan, juga akan memulihkan kondisi perpolitikan nasional yang kini cenderung mulai memanas.

“Tentunya jika kedua agenda demokrasi itu berjalan dengan aman dan tertib, di mana semua pihak dapat menerima apapun hasilnya. Kita berharap segala sesuatunya berjalan lancar dan suhu politik tidak lagi panas usai pemilu dan pilpres,” ujar tokoh pemuda Tionghoa di Medan itu.

Ia meminta pemerintah tetap konsisten dan secara terus-menerus menyosialisasikan pemilu damai, aman dan mengutamakan kebersamaan. “Kalau pemilu tidak aman, kemungkinan krisis akan terus berlangsung dan bukan tidak mungkin justru akan bertambah parah,” ucapnya.

Terkait keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) menghapus sistem nomor urut pada pemilu 2009, Hasyim menilainya sebagai sebuah terobosan positif dalam dunia politik Indonesia.

Sistem suara terbanyak sangat bagus untuk mengantisipasi golput. Sistem ini dinilai amat cocok untuk menentukan figur wakil rakyat idaman masyarakat, katanya. ( ant ).

Sumber : https://jalantikus.app/