Pentingnya Menjaga Kesehatan Bagi Remaja dari Fitur Hidup Sehat

Pentingnya Menjaga Kesehatan Bagi Remaja dari Fitur Hidup Sehat

supaya kamu senantiasa sehat tentu kamu harus menjaga pola hidup sehat. Apalagi sebagai remaja, perlu banget untuk kamu senantiasa mencermati kesehatan supaya selagi dewasa nanti kamu terhindar dari berbagai penyakit. Untuk itu, kamu harus mengerti pentingnya menjaga kesehatan terhadap remaja dan juga pertumbuhan dan pertumbuhan yang dialami remaja dari fitur Hidup Sehat, Yuk! supaya kamu mengerti cara paling baik menghadapinya. Yuk, disimak!

Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah type hidup yang bisa merubah kesehatan kamu, layaknya pola makan, pola istirahat, kebersihan, dan olahraga. Hal pertama yang dapat berpengaruh terhadap pola hidup sehat adalah pola makan. Nah, perlu banget nih untuk kamu menerapkan bola makan yang cocok bersama pedoman gizi seimbang. Yuk, ingat ulang pedoman gizi seimbang dari gambar tersebut ini.

Selain itu, kamu terhitung harus beristirahat bersama cukup. Remaja perlu tidur 6-8 jam sehari supaya bisa tumbuh optimal dan meregenerasi sel-sel yang rusak. Kemudian, lakukanlah olahraga 150 menit didalam seminggu.

Pola Makan Remaja

Sebagai remaja, porsi dan pola makan harus dijaga, yaitu bersama menerapkan Pedoman Gizi Seimbang. Jangan sampai gara-gara asupan gizi kamu kurang, pertumbuhan dan pertumbuhan kamu menjadi terhambat, apalagi bisa berpengaruh ke masa depan.

Pada topik anemia sebelumnya, kamu telah tau ‘kan bahwa remaja itu adalah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Nah, terhadap masa remaja ini terjadi beberapa perubahan terhadap diri remaja, layaknya masa pubertas, pematangan kognitif dan pematangan psikososial.

  • Masa pubertas: perubahan fisik dan hormonal terhadap remaja, bila layaknya pertumbuhan tinggi dan berat badan, jakun membesar dan nada memberat terhadap laki-laki, membesarnya payudara terhadap perempuan, atau menstruasi.
  • Kemampuan kognitif: kebolehan individu untuk menghubungkan, menilai, dan mempertimbangkan suatu perihal atau peristiwa. Intinya, terkait bersama kecerdasan seseorang.
  • Pematangan psikososial: istilah yang dipakai untuk melukiskan jalinan pada keadaan kesehatan mental atau emosional seseorang bersama keadaan sosialnya.

Manusia normal dapat mengalami fase growth spurt 2x didalam hidupnya. Pertama, selagi masih bayi dan kedua, selagi masa awal remaja. Growth spurt terhadap remaja bertepatan bersama permulaan masa pubertas dan fasenya terjadi selama 3-3.5 tahun. Nah, yang pertama mengalaminya adalah remaja putri terhadap umur 10.5-14 tahun, sedangkan remaja putra terhadap umur 12-16.5 tahun. Namun, masa growth spurt setiap orang ini berbeda-beda, Squad. Itulah yang mengakibatkan kamu dan teman kamu punya tinggi badan yang berbeda-beda.

Ciri-ciri growth spurt:

  • Badan jadi tambah tinggi didalam selagi yang relatif cepat
  • Badan membesar
  • Pinggul terhadap remaja putri membesar
  • Bau badan meningkat
  • Mengalami perubahan suara
  • Peningkatan nafsu makan

PHV (Peak Height Velocity) merupakan periode pertumbuhan tinggi badan tercepat seorang remaja selama fase growth spurt. Eits tetapi harus diingat ya bahwa pertumbuhan tinggi badan selagi remaja tidak sebesar selagi growth spurt umur 0-1 tahun. Puncak kecepatan menambahkan berat badan atau Peak Weight Velocity (PWV) adalah fase perubahan terbesar dari massa tubuh remaja. Jadi, setelah remaja putri dan putra menggapai puncak kecepatan tinggi badannya, mereka dapat masuk ke fase puncak kecepatan menambahkan berat badan.

Masa Pubertas Primer dan Sekunder

Masa pubertas adalah masa disaat seorang remaja bisa untuk bereproduksi yang ditandai bersama serangkaian perubahan, yaitu primer dan sekunder. Masa pubertas sekunder ditandai bersama perubahan fisik yang nampak dari luar. Sedangkan perubahan primer ditandai bersama perubahan hormon dan faedah organ reproduksi.

Perkembangan Fisiologi Remaja

Perkembangan fisiologi adalah pematangan faedah dari organ-organ tubuh. Nah, remaja putri dan putra membawa pertumbuhan fisiologi yang berbeda. Remaja putri condong punya lemak yang lebih banyak dibandingkan otot, sedangkan remaja putra condong punya otot yang lebih banyak dibandingkan lemak. Perbedaan ini disebabkan oleh hormon seksual yang dimiliki oleh remaja putra dan putri. Remaja putri punya hormon estrogen yang mendominasi dan remaja putra punya hormon testosteron.

Masih banyak lho gejala pertumbuhan fisiologi yang dialami oleh remaja putri atau putra.

Perkembangan Emosi Remaja

Pada masa remaja, pertumbuhan emosi dapat tetap berubah-ubah sampai kamu menggapai bagian kematangan emosi. Ada 2 aspek yang merubah pertumbuhan emosi remaja, yaitu aspek internal dan eksternal. Faktor internal terbujuk oleh pertumbuhan dan pertumbuhan dari hormon tertentu yang mengakibatkan reaksi di didalam tubuh remaja. Hal ini bisa berpengaruh terhadap emosi remaja. Faktor eksternal bila layaknya perubahan pola jalinan remaja bersama orang tua, teman sebaya, lawan jenisnya, atau apalagi jalinan di sekolah.

Perkembangan Kognitif Remaja

Proses kognitif terkait bersama tingkat kecerdasan atau intelegensi seseorang. Nah, tidak benar satu cara untuk mengukur tingkat kecerdasan seseorang adalah melalui test IQ. Perkembangan kognitif ternyata berperan perlu bagi keberhasilan kamu didalam studi dan merintis kehidupan.

Kesehatan Reproduksi Remaja

Squad, perlu banget lho untuk kamu menjaga kesehatan reproduksi. Saat ini, nggak sedikit persoalan kesehatan reproduksi yang timbul gara-gara ketidakpedulian seseorang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Untuk itu, kamu harus membawa lumayan pengetahuan mengenai bagaimana caranya menjaga kesehatan reproduksi.

Seru banget ‘kan? Ternyata perlu banget untuk kamu mencermati persoalan kesehatan dan cara menjaga kesehatan cocok bersama pertumbuhan dan pertumbuhan kita sebagai remaja.

Selengkapnya : https://www.ruangguru.co.id/