Pengertian Proses

Pengertian Proses

Pengertian Proses

Proses adalah kata yang berasal dari bahasa Latin “processus” yang berarti “berjalan ke depan”. Kata ini mempunyai konotasi urutan langkah atau kemajuan yang mengarah pada suatu sasaran atau tujuan. Menurut Chaplin (1972), proses adalah Any Change in any object or organism particularly a behavioral or psychological change. (Proses adalah suatu perubahan yang menyangkut tingkah laku dan kejiwaan).

Pengertian Proses

 Dalam psikologi belajar, proses berarti cara-cara atau langkah-langkah khusus yang dengannya beberapa perubahan ditimbulkan hingga tercapainya hasil-hasil tertentu (Reber, 1988 dikutip Muhibbin Syah: 110).

  1. Pengertian Belajar
  2. Belajar adalah aktivitas mental-intelektual yang bersifat internal

Gagne (1975), menyatakan bahwa belajar merupakan aktivitas mental-intelektual yang bersifat internal. Aktivitas belajar aktualisasinya adalah proses beroperasinya mental-intelektual anak. Indicator adanya proses beroperasinya mental-intelektual tersebut dapat dilacak dari hasil operasi mental-intelektual tersebut. Hasil-hasil operasi itu, dalam hal ini diaktualisasikan anak dalam bentuk perubahan perilaku.[2]

Menurut Skinner (1973) belajar adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif[3].

Belajar adalah suatu aktivitas atau suatu proses untuk memperoleh pengetahuan, meningkatkan keterampilan, memperbaiki prilaku, sikap, dan mengokohkan kpribadian.[4] Jadi, belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan yang lebih baik, yang baru sebagai hasil pengalaman sendiri dalam interaksi dengan lingkungan yang dilakukan secara sadar dan tertuju.

Jadi proses belajar dapat diartikan sebagai tahapan perubahan prilaku kognitif, afektif dan psikomotor yang terjadi dalam diri siswa. Perubahan tersebut bersifat positif dalam arti berorientasi ke arah yang lebih maju daripada keadaan sebelumnya.

sumbear :

https://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/infinity-loop-apk/