PENGERTIAN PELESTARIAN


PENGERTIAN PELESTARIAN

PENGERTIAN PELESTARIANPENGERTIAN PELESTARIAN

Pelestarian atau perlindungan atau konservasi. Konservasi itu sendiri secara harfiah, berasal dari bahasa Inggris, (Inggris) Conservation yang artinya pelestarian atau perlindungan.  Sedangkan menurut ilmu lingkungan, Konservasi adalah:

  • Upaya efisiensi dari penggunaan energi, produksi, transmisi, atau distribusi yang berakibat pada pengurangan konsumsi energi di lain pihak menyediakan jasa yang sama tingkatannya.
  • Upaya perlindungan dan pengelolaan yang hati-hati terhadap lingkungan dan sumber daya alam(fisik) Pengelolaan terhadap kuantitas tertentu yang stabil sepanjang reaksi kimia atau transformasi fisik.
  • Upaya suaka dan perlindungan jangka panjang terhadap lingkungan.
  • Suatu keyakinan bahwa habitat alami dari suatu wilayah dapat dikelola, sementara keaneka-ragaman genetik dari spesies dapat berlangsung dengan mempertahankan lingkungan alaminya.

Di Indonesia, berdasarkan peraturan perundang-undangan, Konservasi adalah pengelolaan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya.

PENGERTIAN PELESTARIAN FLORA DAN FAUNA

PENGERTIAN PELESTARIAN FLORA DAN FAUNA ADALAH MENJAGA SECARA UTUH FLORA DAN FAUNA AGAR TIDAK PUNAH. MELESTARIKAN EKOSISTEM FLORA DAN FAUNA DENGAN CARA UPAYA- UPAYA TERTENTU YANG BISA MELAKUKAN PENCEGAHAN PUNAH NYA FLORA DAN FAUNA. PELESTARIAN FLORA DAN FAUNA ADALAH UPAYA YANG DILAKUKAN, BAIK DARI PEMERINTAH, MASYARAKAT DAN NEGARA DALAM MENJAGA DAN MEMPERTAHANKAN SUATU EKOSISTEM BERUPA KEHIDUPAN HEWAN DAN TUMBUHAN AGAR TIDAK MENGALAMI KEPUNAHAN.

PASALNYA FLORA DAN FAUNA SANGATLAH BESAR PERANANNYA BAGI MANUSIA.DENGAN ADANNYA FLORA DAN FAUNA,MANUSIA DAPAT MENGEMBANGKAN ILMU PENGETAHUAN DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGINNYA MISALNYA : TUMBUHAN YANG DAPAT BERGUNA BAGI KESEHATAN, TENTUNNYA DENGAN DITEMUKANNYA PENEMUAN-PENEMUAN TERSEBUT KEHIDUPAN MANUSIA AKAN SEMAKIN SEJAHTERA DAN ILMU  PENGETAHUAN MEREKA MULAI BERKEMBANG YAITU DENGAN MELAKUKAN PENELITIAN YANG LEBIH LANJUT TENTANG KEGUNAAN FLORA DAN FAUNA TERSEBUT.

Pelestarian alam di Indonesia sudah diatur dalam UU No. 5 Tahun 1990 yang membahas tentang Konservasi Sumber Daya dan UU No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup berdasarkan tiga asas yaitu tanggung jawab, berkelanjutan, hingga bermanfaat. Pengertian pelestarian alam secara umum adalah upaya untuk melindungi suatu wilayah beserta isinya yang berupa tumbuhan dan hewan. Di Indonesia terdapat dua macam pelestarian alam yaitu pelestarian alam secara ex situ dan pelestarian alam secara in situ. Berikut penjelasan mengenai kedua pelestarian alam tersebut;

MANFAAT PELESTARIAN FLORA DAN FAUNA

MANFAAT BAGI MASYARAKAT SECARA UMUM

Adanya sosialisai tentang menjaga alam, terutama melestarikan flora dan fauna bagi masyarakat itu sendidri memeiliki banyak sekali manfaat. Misalnya saja Pemerintah mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pembalakan liar, dan pembatasan penggunaan sumber daya alam yang berlebihan. Semuanya berkiblat pada pelestarian lingkungan dan pencegahan bahaya yang ditimbulkan dari perbuatan yang mengganggu ekosistem lingkungan, terutama untuk mencegah punahnya flora dan fauna yang ada di alam.

Dalam pelaksanaannya, pemerintah bekerjasama dengan instansi-instansi terkait dan semua sector yang peduli dengan masalah linkungan dalam hal untuk melestarikan flora dan fauna. Upaya-upaya pembersihan sungai, pantai, penanaman kembali pohon-pohon di tepi pantai, gerakan menanam seribu pohon, usaha mendaur ulang sampah, pencegahan pembalakan liar, memcegah perburuan liar, dan upaya lainnya yang dilakukan secara berkesinambungan.

Walau demikian, peranan masyarakat sangat menunjang semua upaya pemerintah tersebut. Masyarakat yang bersentuhan secara langsung dengan lingkungan memiliki peran yang besar dalam pelestarian flora dan fauna. Untuk itu maka masyarakat pun perlu mendapat pengetahuan dan pemahaman yang sama tentang pentingnya menjaga kelestarian flora dan fauna yang ada di alam.


Baca juga: