Pengertian Merchandise

Pengertian Merchandise

Pengertian Merchandise

Pengertian Merchandise

Merchandise adalah

segala bentuk produk yang ditujukan sebagai hadiah. Dalam hal ini merchandise diberikan secara cuma-cuma kepada orang yang telah mengikuti atau melaksanakan kegiatan yang diwajibkan oleh produsen produk tersebut, sedangkan gift ialah produk yang dibuat untuk dijual.


Dalam banyak kasus promosi misalnya sebuah film yang digemari masyarakat sedang diputar di theatre, mungkin saja ada beberapa kelompok massyarakat merupakan fans dari tokoh film sedang diputar tersebut. Jika seorang fans sudah tergila-gila pada tokoh tersebut maka kemungkinan besar dia akan mencoba mencari atribut-atribut mengenai tokoh film tersebut. Pada keadaan ini fungsi merchandise yang dijual akan membantu memberikan keuntungan bagi produsennya.


Fungsi Merchandise

Untuk fungsi merchandise promosi yang bisa kami jabarkan dalam pengalaman menangani client ialah beberapa hal di bawah ini:

  1. Sebagai branding perusahaan atau branding produk/jasa perusahaan tertentu. Misalnya jam meja promosi yang disablon dengan logo perusahaan dan saat itu diletakkan di meja client maka akan bisa mengingatkan perusahaan pemberi baranga promosi itu. Jadi usulan kami selain logo diharapkan ada motto/tulisan yang bisa mengingatkan client akan perusahaan.
  2. Sebagai ucapan terima kasih atas kehadiran dalam suatu event tertentu, sebagai cendera mata saat client memasuki acara/undangan perusahaan.
  3. Sebagai senjata pemasaran dari satu clieny ke calon client baru lainnya. Kita contohkan pada kertas note yang di offset/bisa jua post it biasanya digunakan oleh client dalam menulis catatan kecil dan biasanya itu berhubungan dengan pihak ke 3 dari client itu. Bisa juga agenda tahunan dimana agenda itu yang dioffset kertasnya logo/tulisan/ringkasan produk bisa mengingatkan client akan produk/jasa sebuah perusahaan.
  4. Sebagai magnet untuk kumpulan orang agar mampir ke stand pamaran/boot yang sedang dibuka disebuah pusat keramaian baik itu mall, seminar, pameran dll.
  5. Sebagai pembeda dengan perusahaan lainnya, di zaman yang persaingan usaha saat ini maka perusahaan yang cenderung berbeda baik dalam hal promosi/pemberian Souvenir Promosi akan bisa mengisi top of mind brand dalam benak konsumen.

Tujuan Merchandise

Berikut ini terdapat beberapa tujuan merchandise, terdiri atas:

  • Menarik perhatian
  • Menonjolkan salah satu keistemewaan produk
  • Memenangkan persaingan dalam menarik perhatian konsumen
  • Mendramatisir suatu kesan
  • Merangsang minat konsumen untuk membaca keseluruhan pesan
  • Menjelaskan suatu pernyataan

Baca Juga :