Pengertian Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat

Pengertian Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat

Pengertian Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat

Pengertian Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat
Pengertian Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat

Berikut ulasan mengenai Pengertian Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat. Silahkan disimak!

 

Secara etimologis, hubungan sekolah dan masyarakat diterjemahkan dari perkataan bahasa inggris

“Public School Relation”  yang berarti hubungan sekolah dan masyarakat adalah sebagai hubungan timbal balik antara organisasi (sekolah) dengan masyarakat/lingkungan yang terkait.

Hubungan sekolah dan masyarakat didefinisikan sebagai

proses komunikasi antara sekolah masyarakat untuk berusaha menanamkan pengertian warga masyarakat tentang kebutuhan dan karya pendidikan serta pendorong minat dan tanggung jawab masyarakat dalam usaha memajukan sekolah.Hubungan dengan masyarakat yang juga disebut publik relation adalah sebuah proses penetapan kebijakan, pelayanan serta tindakan-tindakan nyata berupa kegiatan yang melibatkan orang banyak agar orang-orang yang terlibat dalam kegiatan tersebut memiliki kepercayaan terhadap lembaga yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tersebut. Secara umum orang dapat mengatakan apabila terjadi kontak, pertemuan dan lain-lain antara sekolah dengan orang di luar sekolah, adalah kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat. Arthur B. Mochlan menyatakan school public relation adalah kegiatan yang dilakukan sekolah atau sekolah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Ada suatu kebutuhan yang sama antara keduanya

baik dilihat dari segi edukatif, maupun dilihat dari segi psikologi. Hubungan antar sekolah dan masyarakat lebih dibutuhkan dan lebih terasa fungsinya, karena adanya kecenderungan perubahan dalam pendidikan yang menekankan perkembangan pribadi dan sosial anak melalui pengalaman-pengalaman anak dibawah bimbingan guru, baik diluar maupun di dalam sekolah.

Ada tiga faktor yang menyebabkan sekolah harus berhubungan dengan masyarakat :

1. Faktor perubahan sifat, tujuan dan metode mengajar di sekolah.
2. Faktor masyarakat, yang menuntut adanya perubahan-perubahan dalam pendidikan di sekolah dan perlunya bantuan masyarakat terhadap sekolah.
3. Faktor perkembangan ide demokrasi bagi masyarakat terhadap pendidikan.

Pengertian di atas memberikan isyarat kepada kita

bahwa hubungan sekolah dengan masyarakat lebih banyak menekankan pada pemenuhan akan kebutuhan masyarakat yang terkait dengan sekolah. Di sisi lain pengertian tersebut di atas menggambarkan bahwa pelaksanaan hubungan masyarakat tidak menunggu adanya permintaan masyarakat, tetapi sekolah berusaha secara aktif serta mengambil inisiatif untuk melakukan berbagai aktivitas agar tercipta hubungan dan kerjasama harmonis.

Sekian artikel dari Tugas Sekolah Dan Kuliah mengenai Pengertian Manajemen Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat, yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar.

Sumber : https://www.selfgrowth.com/articles/how-to-search-for-the-right-informational-website?fbclid