PENGERTIAN FLORA


PENGERTIAN FLORA

PENGERTIAN FLORAPENGERTIAN FLORA

Flora, dari bahasa Latin, diambil dari  kata “Flora”, nama seorang dewi pelindung bunga dan taman serta dewi kesuburan dalam Mitologi Romawi. Flora berarti alam tumbuhan atau nabatah adalah khazanah segala macam jenis tanaman atau tumbuhan. Biasanya ditulis di depan nama geografis. Misalnya, nabatah Jawa, nabatah Asia atau nabatah Australia. Flora dapat merujuk kepada sekelompok tanaman, sebuah penyelidikan dari kelompok tanaman, serta bakteri. Flora adalah akar kata bunga, yang berarti menyangkut bunga. Flora berbeda dengan vegetasi, namun masih sering disamakan dengan vegetasi; di mana flora secara ringkas berisi (daftar) kekayaan jenis tetumbuhan, sedangkan vegetasi berarti kelompok-kelompok tetumbuhan yang berinteraksi membentuk suatu komunitas tertentu (misalnya hutan, sabana, padang rumput, dan lain-lain).

Pengklasifikasian Flora Adalah Sebagai Berikut

Bentuk fosil dari kurun waktu sejarah pada masa tertentu. Flora yang lain, didefinisikan berdasarkan lingkungan, keadaan atau sifat yang khusus. Misalnya:

  • Flora asli; ialah (daftar) tumbuhan yang asli, yang hidup di suatu wilayah tertentu.
  • Flora tanaman (pertanian dan hortikultura); mencakup tumbuhan yang ditanam atau dibudidayakan manusia.
  • Flora gulma; yakni (daftar) jenis-jenis tumbuhan yang tidak diinginkan tumbuh di lahan pertanian atau tempat lain, yang disusun dan dipelajari dalam kaitannya dengan upaya memberantas atau mengendalikan tumbuhan tersebut. Kini, flora serupa ini bisa dibedakan lebih lanjut atas jenis-jenis tumbuhan pengganggu (gulma); jenis-jenis invasif; serta jenis-jenis asing (eksotik).

Jadi dapat disimpulkan bahwa flora adalah Keseluruhan kehidupan jenis tumbuh-tumbuhan suatu habitat atau daerah, atau disebut juga alam tumbuh-tumbuhan. Sehingga apapun yang menyangkut dengan tumbuhan atau tanaman maka disebut flora.[1]

 

PENGERTIAN FAUNA

 

Fauna, dari bahasa Latin, atau alam hewan artinya adalah khazanah segala macam jenis hewan yang hidup di bagian tertentu atau periode tertentu. Menurut kamus besar bahasa Indonesia definisi Pengertian fauna adalah keseluruhan kehidupan hewan, suatu habitat, daerah, atau strata geologi tertentu atau juga dapat berarti dunia hewan. Fauna dapat tumbuh di daratan dan perairan. Fauna memiliki ukuran tubuh, bentuk tubuh, cara hidup, cara berkembangbiak, jenis makanan dan tempat hidup (habitat) yang berbeda sesuai dengan jenisnya dan cara hewan beradabtasi dengan lingkungannya.

Fauna atau hewan memiliki kemampuan adaptasi yang berbeda-beda. Umumnya, kemampuan adaptasi tersebut akan menentukan wilayah hidup atau habitat mereka. Pengertian habitat yaitu lingkungan fisik yang terdapat di sekitar populasi spesies tertentu yang mendukung kehidupan mereka. Habitat dapat tersusun dari faktor kesuburan tanah, kelembaban udara, ketersediaan dan kualitas air, cahaya matahari, suhu, tidak adanya predator serta makanan yang tersedia. Habitat sangat diperlukan untuk keberlangsungan hidup suatu hewan.

Jadi fauna adalah Keseluruhan kehidupan jenis hewan di suatu habitat atau daerah, atau disebut juga alam hewan atau binatang. Sehingga apapun yang berhubungan dengan hewan, baik kehidupannya ataupuncara hidupnya  maka disebut fauna


Sumber: https://gurupendidikan.org/