Pengertian dan Sejarah Masyarakat Madani


Pengertian dan Sejarah Masyarakat Madani

Pengertian dan Sejarah Masyarakat Madani

Pengertian dan Sejarah Masyarakat Madani

Masyarakat madani merupakan

suatu cara dimana masyarakat membangun, menjalani, dan memaknai kehidupannya secara beradab. Dalam Bahasa Inggris masyarakat madani disebut dengan civil society, yang jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti masyarakat yang berperadab.

Pada dasarnya masyarakat madini memiliki sifat serta tuntutan yang baik, dimana masyarakat dapat menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan. Di samping itu masyarakat madani juga memperjuangkan moral serta akhlak yang baik, dimana pada saat ini hal tersebut sudah mulai melemah di zaman yang modern ini.

SEJARAH MASYARAKAT MADANI

Masyarakat madani pertama kali muncul dan di cetuskan oleh Anwar Ibrahim, yang merupakan mantan wakil perdana menteri Malaysia. Ia berpendapat bahwa Masyarakat madani merupakan sistem hubungan sosial yang baik dan benar berdasarkan prinsip moral keseimbangan dan kebebasan individu, sehingga menciptakan masyarakat yang stabil dan tidak mementingkan diri sendiri.

Masyarakat madani mulai dikenal dan di populerkan di Asia pada abad 19, namun sebenarnya masyarakat madani sendiri telah dikenal sebelumnya di daerah barat dengan sebutan civil society.


Baca Juga :