Panduan Perawatan Anak Kucing Persia


Panduan Perawatan Anak Kucing Persia

Panduan Perawatan Anak Kucing Persia

Panduan Perawatan Anak Kucing Persia

Mengurus anak kucing persia tidak seperti merawat ras kucing lainnya, Persia membutuhkan perawatan harian. Berikut panduan dasarnya:

1. Perawatan Bulu

Merawat bulu kucing Persia Anda akan menjadi salah satu aspek yang paling penting dalam memelihara anak kucing persia. Anda harus memilih sisir kucing yang tepat agar tidak merusak bulunya.

Sisir dan sikat pada area belakang telinga, dibawah dagu, daerah perut dan dibawah masing-masing lengan, sisir ke satu arah.

2. Perawatan Mata

Karena kucing Persia memiliki wajah datar, maka cenderung mengalami masalah mata dan sering mengakibatkan mata sering berair.

Agar tidak terkena infeksi, saya sarankan menyeka mata mereka setiap hari dengan kapas dan air hangat, agar kerak dan partikel keras tidak menumpuk yang dapat menyebabkan masalah mata.

Beberapa virus khususnya virus Chlamydia dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata anak kucing Jika bakteri menyerang mata yang terinfeksi tersebut, bakteri bisa mengakibatkan kebutaan.

3. Perawaatan Gigi

Menyikat gigi anak kucing Persia akan membantu mengurangi penumpukan plak pada gigi dan mencegah penyakit gigi.

Caranya: 

  • Biasakan anak kucing dengan pasta gigi, Biarkan anak kucing mencium baunya an kemudian biarkan menjilat pasta gigi.
  • Tahap selanjutnya adalah memperkenalkan sikat gigi, biarkan kucing mencium dan menggigit sikat gigi.
  • Jika semua langkah lain telah direncanakan, maka ini adalah tahap di mana Anda dapat dengan lembut mulai menyikat bagian depan gigi anak kucing.

4. Memandikan

Apakah kucing umur 1 bulan boleh dimandikan? tentu saja boleh, tapi frekuensi mandi akan tergantung pada bulu,  saakt sudah terlihat berminyak dan lebih kotor maka segera mandikan kucing anda agar terhindar dari jamur dan bakteri.

Namun, Jika kittien Anda takut dengan air, jangan memaksakan hal itu. Sebaliknya, usahakan membantu anak kucing menjadi lebih percaya diri.

5. Pilih Mangkuk Makanan Yang Tepat

Ketika mencari mangkuk makanan untuk kucing Persia Anda,  sebaiknya pilih mangkuk makanan dangkal karena wajah mereka yang rata. Pilih mangkuk berbahan stainless steel karena bisa bertahan lebih lama dan tidak mudah pecah.


Sumber: https://worldfreeweb.com/