Olympus meluncurkan E-M1 Mark III, kamera pro serbaguna tapi berulang


Olympus meluncurkan E-M1 Mark III, kamera pro serbaguna tapi berulang

Olympus meluncurkan E-M1 Mark III, kamera pro serbaguna tapi berulang

 

Olympus meluncurkan E-M1 Mark III, kamera pro serbaguna tapi berulang
Olympus meluncurkan E-M1 Mark III, kamera pro serbaguna tapi berulang

Hanya setahun setelah mengumumkan prosumer OM-D E-M1X, dan beberapa bulan setelah merevitalisasi seri E-M5 klasik, Olympus hari ini mengumumkan kamera lain yang ditempatkan di antara keduanya: OM = D E-M1 Mark III. Singkatnya, dibutuhkan tubuh yang sangat mirip dengan Mark II dan memperbaruinya dengan beberapa barang yang diperkenalkan pada E-M1X.

Saya dapat menghabiskan waktu dengan Mark III di Kosta Rika yang indah sebelum diluncurkan. Tulisan lengkap saya akan mengikuti, tetapi untuk sekarang, inilah yang perlu Anda ketahui: Di ​​atas kertas, ini bukan peningkatan besar-besaran atas E-M1 MKII, dengan beberapa spesifikasi tampak sudah ketinggalan jaman relatif dibandingkan dengan pesaing. Tapi dengan mengambil kamera secara keseluruhan, saya masih berpikir itu adalah salah satu kamera paling serbaguna untuk fotografer yang fokus pada stills pada titik harga.

Sulit untuk mengetahui kamera baru dari pendahulunya secara sekilas. Selain, Anda tahu, labelnya.
Lihatlah spesifikasi E-M1 MKIII dan mungkin sulit untuk segera melihat perbedaan terhadap pendahulunya. Masih menggunakan sensor Four-Thirds 20MP, lebih kecil dari sensor APS-C atau full-frame yang terlihat pada kebanyakan kamera high-end lainnya. Masih memotret 18 frame per detik dengan rana mekanis, atau 60 frame menggunakan rana elektronik (dengan mengorbankan beberapa rentang dinamis). Ini masih memiliki jendela bidik LCD 2,36M dot sama ketika kompetisi sebagian besar beralih ke unit resolusi yang lebih tinggi. Dan video 4K masih terbatas pada 24fps pada pengaturan kualitas tertinggi.

Tetapi ada perbaikan yang berarti juga. Untuk daftar beberapa yang paling penting:

Klaim Olympus untuk ketenaran selalu menjadi stabilisasi gambar dalam tubuh yang terdepan di kelasnya. Kali ini, perusahaan mengatakan dapat mencapai hingga 7 stop stabilisasi dengan mekanisme bawaan saja, atau 7,5 stop menggunakan salah satu dari beberapa lensa dengan stabilisasi optik tambahan.
Salah satu fitur paling keren E-M1 MKII adalah kemampuan untuk menggabungkan beberapa pemotretan menjadi satu gambar 50-megapiksel dengan kualitas yang lebih tinggi – pada dasarnya cocok dengan kualitas kamera full-frame. Masalahnya adalah diperlukan tripod, tetapi tidak lagi. Dipinjam dari E-M1X, E-M1 MKIII sekarang mendukung mode resolusi tinggi genggam. Meskipun sedikit kurang tajam daripada menggunakan metode tripod (yang masih tersedia), hasilnya adalah peningkatan yang sangat jelas atas gambar standar 20-megapiksel. Teknik ini memanfaatkan tangan gemetar kami sendiri untuk menggabungkan 16 gambar, agak mirip dengan bagaimana Google Pixel 4 menangkap bidikan foto jarak jauh beresolusi tinggi .
Filter Live ND: Juga dipinjam dari E-M1X adalah kemampuan untuk menghasilkan foto-foto siang hari pajanan panjang tanpa highlight yang biasanya meledak – hingga 5 perhentian.
Ada joystick baru untuk menggeser titik fokus otomatis dengan cepat, meskipun Anda dapat mengonfigurasi layar sentuh untuk ini saat menggunakan jendela bidik juga.
Starry Sky Autofocus memungkinkan kamera melakukan kerja keras dengan fokus tajam pada langit malam. Jika Anda pernah mencoba melakukannya secara manual, fitur ini bisa sangat melegakan.
Rana MKIII sekarang dinilai untuk 400.000 aktuasi, menggandakan pendahulunya dan menjadikannya salah satu yang paling tahan lama di pasar jika angka-angka bertahan.
Olympus mengatakan itu diubah algoritma deteksi wajahnya menjadi lebih akurat, dan MKIII membuatnya mudah untuk beralih antara mata pelajaran yang berbeda dan mata individu.
Kamera sekarang dapat diisi melalui USB-C – memberkati surga – bahkan menggunakan bank daya.

Mark III memperkenalkan joystick AF, membuatnya mudah untuk menyesuaikan target AF saat menggunakan

jendela bidik.
Lebih banyak spesifikasi tersedia di situs web Olympus . Seiring dengan E-M1 MKIII, perusahaan juga mengumumkan tubuh kamera yang lebih mungil, E-PL10. Perusahaan juga meluncurkan lensa 12-45mm F4 Pro baru, zoom kompak untuk fotografer yang memprioritaskan cahaya perjalanan di atas ukuran aperture atau rentang zoom

E-M1 MKIII akan tersedia mulai 24 Februari, dan harganya seperti kamera kelas atas. Harganya $ 1.799,99 untuk bodi saja, $ 2.499.99 dengan lensa 12-40 F2.8 Pro, atau $ 2.899.99 dengan 12-100 F4.0.

Sementara beberapa orang akan meratapi harga yang diberikan Anda bisa mendapatkan kamera APS-C atau full-

frame untuk uang sebanyak itu – terutama mengingat pembaruan perangkat keras yang relatif sedikit kali ini – Anda masih akan kesulitan menemukan kamera yang serba guna sebagai E-M1 MKIII. Bagi banyak pengguna Micro Four Thirds profesional, kombinasi ukuran, kualitas lensa, kinerja, dan keandalan membuat mereka terikat pada sistem.

Saya menikmati waktu saya dengan MKIII dan fitur-fitur barunya, tetapi sebagai penembak Olympus yang sudah lama, saya mungkin sudah siap. Saya hanya berharap E-M1 MKIV membawa beberapa perbaikan yang lebih besar ke lembar spesifikasi juga. Tetap disini untuk tayangan lebih lanjut.

Baca Juga: