Mengenal Jaringan Komputer


Mengenal Jaringan Komputer

Mengenal Jaringan Komputer

Mengenal Jaringan Komputer

Ada berbagai tipe jaringan berdasarkan kriteria tertentu. Jaringan dapat di golongkan  berdasarkan metode distribusi data, hubungan fungsional, jangkauan wilayahnya, metode koneksi dan berdasarkan topologinya.

  1. Penggolongan Jaringan Berdasarkan Metode Distribusi Data

Berdasarkan  distribusi datanya, jaringan komputer di bagi menjadi jaringan terpusat (host based network)  dan jaringan terdistribusi (ditribused network). Jaringan terpusat terdiri atas beberapa komputer terminal yang terhubung ke komputer induk (host). Komputer induk berisi data clan, aplikasi clan melaksanakan hamper semua pengolahan data. Terminal dalam jaringan terpusat dapat berupa dumb terminal (terminal dumb) yaitu terminal yang tak memiliki alas pemmrosesan data. Contoh dumb terminal adalah sebuah monitor yang terhubung secara fisik dengan komputer induk.

Jaringan terdistribusi terdiri atas beberapa jaringan komputer induk yang terhubung dengan berbagai terminal. Jaringan terdistribusi secara fisik dapat dibentuk dari penggabungan jaaringan komputer terpusat .

  1. Penggolongan Jaringan Berdasarkan Hubungan fungsional Komputer Dalam Pemrosesan Data

Berdasarkan cara akses dan pemrosesan data, jaringan komputer dapat dibagi menjadi jaringan client server dan jaringan peer to peer.

Jaringan client server terdiri atas sebuah server atau lebih yang terhubung dengan beberap komputer client. Server berperan menyediak layanan, seperti pengaksesan file, peripheral, maupun database.

Jaringan peer tompeer terdiri atas beberapa terminal yang saling terhubung. Prinsip jaringan ini adalah bahwa setiap komputer dalam jaringan berpungsi sebagai penyedia layanan server sekaligus client.

  1. Penggolongan jaringan Berdaarkan Jangkaun wilayahnya

Berdasarkan jangkauan wilayahnya, jaringan dapat dibagi menjadi LAN, MAN, dan WAN.

LAN (Local Area Network) atau jaringan local merupakan jaringa yang cakupnnya relative sempit , terbatas pada sebuah ruangan, atau sebuah gedung atau sebuah kompleks. Kadang-kadang LAN juga disebut Single Location Network , atu jaringan berlokasi tunggal. Untuk alasan administrative, LAN yang besar biasanya  membagi daan menggelompokkan anggota jaringan dalm bentuk kelompok kerja (workgroup). Workgroup merupakan kumpulan komputer yang berbagi sumber daya yang sama dalam sebuah LAN.

MAN (Metropolitan Area Network) merupakn jaringan yang menghubungkan dua atau lebih LAN tetapi jangkauannya tidak melebihi wilayah kota atau metropolitan terdekat.

WAN (Wide Area Network) merupakn jaringan komunikasi data yang mencangkup wilayah geografis yang luas. Dan biasanya memanfaatkan jaringan komunikasi, misalnya saluran telpon. Jaringan internet mengingat jangkauannya yang luas dapat digolongkan sebagai WAN,jaringan mesin ATM, dan bank nasional di Indonesia juga merupakan contoh WAN.

  1. Pengolongan jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya

Bersarkan metode koneksinya ,  jaringan dapat dibagi menjadi jaringan berkabel (wired/wireline network)dan jaringan tanpa kabel /nirkabel (wireless network).

Jaringan berkabel merupakan jaringan yang menggunakna kabel untuk menghubungkan anggota jaringan . Ada beberapa yang biasa digunakan, yaitu kabel koaksial (coaxial). Twisted pair yang melputi kabel UTP (Unshilded Twisted Pair) dan kabel STP (Shielded Twisted Pair), beserta serat optic (FO Fiber Optic)

Jaringan nirkabel merupan jaringan yang menggunakn gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan. Salh satu teknologi yang digunakan dalam wireless network ini adalah teknologi Wifi (Wireless fidelity).

  1. Penggunaan Jaringan Bersarkan Topologinya

Topologi merupakan bentuk fisik jaringan komputer. Ada beberapa topologi jaringan, diantaranya adalah topologi bus, star (bintang), mesh(faring) dan ring (cincin).


Baca Juga :