Mengenal 18 cabang ilmu bioligi


Tim, apakah ada di antara Anda yang suka biologi? Anda tahu bahwa ternyata biologi memiliki ruang lingkup yang sangat luas, lho! Setelah ruang lingkup pengetahuan, biologi dibagi menjadi berbagai cabang yang diklasifikasikan menurut objek studi masing-masing cabang ilmu pengetahuan. Ingin tahu apa itu cabang biologi, mari kita simak artikel di bawah ini!

cabang biologi

1. Genetika

cabang biologi
Dalam cabang biologi ini, Anda akan belajar tentang gen, materi genetik (DNA dan RNA) dan pewarisan sifat-sifat dari induk ke keturunan dan persilangan gen. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa warna kulit Anda mungkin sama dengan warna kulit ibu Anda? Hmm, dengan mempelajari pengetahuan ini, Anda bisa menemukan jawabannya, lho.

2. Sitologi

Dalam sitologi, Anda dapat mempelajari unit penyusun semua makhluk hidup. Itu saja? Ya! Ini sebuah sel. Mulai dari struktur dan organel sel, pembelahan sel, interaksi antara sel, siklus hidup sel, hingga kematian sel, semuanya dibahas dalam ilmu ini. Betapa lucu itu?

3. Histologi

Histologi adalah studi tentang jaringan pada makhluk hidup, seperti jaringan epitel, jaringan pengikat, jaringan pendukung, jaringan saraf dan banyak lagi. Nah, bagi Anda yang ingin masuk ke dunia kedokteran, ilmu ini sangat berguna untuk mempelajarinya, Skuadron.

4. Anatomi

Selain histologi, anatomi juga penting untuk dipelajari di dunia kedokteran. Dalam ilmu ini, Anda bisa mengetahui struktur tubuh internal makhluk hidup. Tim, jika Anda memperhatikan struktur lidah Anda, Anda pasti akan melihat tonjolan halus di permukaan lidah Anda yang disebut papillae. Jadi apa fungsi papila? Bagaimana struktur bahasa kita sebenarnya? Nah, semua ini akan dibahas secara mendalam dalam ilmu ini.

cabang biologi
Anatomi otot manusia (sumber: rawatanbekam.com)

5. Morfologi

Bertentangan dengan anatomi, jika dalam morfologi Anda akan belajar mengenal struktur tubuh luar makhluk hidup. Apakah Anda ingin tahu mengapa kaki kucing memiliki pembalut warna merah muda? atau apa yang membuat paruh dan kaki burung memiliki bentuk yang berbeda? Tenang, Morphologi dapat menjawab semua keingintahuan Anda, sungguh.

6. Fisiologi

Dalam Fisiologi, Anda akan mempelajari fungsi tubuh baik secara anatomis maupun morfologis. Pernahkah Anda mendengar tentang fisioterapi? Fisioterapi juga merupakan bagian dari fisiologi, lho! Hayo, apakah ada yang tahu apa fisioterapi untuk perawatan?

7. Ekologi

Dalam ilmu ini, Anda akan belajar tentang interaksi yang terjadi antara makhluk hidup dan lingkungannya dan interaksi antara makhluk hidup lainnya di bumi, Anda tahu, Skuad. Gambar di bawah ini adalah bentuk interaksi yang saling menguntungkan antara anemon laut dan ikan badut.

cabang biologi
Simbiosis mutualisme antara anemon laut dan ikan badut (sumber: imagologi.com)

8. Taksonomi

Dalam Taksonomi, Anda akan belajar tentang klasifikasi atau klasifikasi makhluk hidup. Klasifikasi ini tidak dilakukan secara kebetulan, tetapi didasarkan pada hierarki atau level tertentu.

cabang biologi
Dia adalah yang pertama menyajikan tujuh hierarki, Anda tahu, tim. Apakah Anda masih ingat dalam urutan tujuh hierarki?

9. Evolusi

Merasakan kata evolusi, apakah Anda berpikir tentang Teori Evolusi Mr. Charles Darwin? Ternyata, evolusi juga termasuk dalam cabang biologi, lho. Tentu saja, ilmu ini adalah salah satu bahan yang paling menarik untuk dipelajari karena membahas perubahan makhluk hidup dari generasi ke generasi.

10. Mikrobiologi

Mikrobiologi adalah cabang biologi yang mempelajari mikroorganisme, seperti bakteri, protozoa, jamur, ganggang mikroskopis dan archaea. Dalam mempelajari pengetahuan ini, Anda akan menggunakan mikroskop karena objek yang diamati sangat kecil. Hayo, apakah ada yang pernah menggunakan mikroskop?

11. Zoologi

Jika Anda belajar tentang perilaku manusia dalam ilmu sosial, maka di cabang biologi ini Anda bisa belajar tentang klasifikasi dan perilaku hewan, Anda tahu.

cabang biologi
Baby turtles (sumber: brilio.net)

Tahukah Anda bahwa kura-kura yang baru lahir dapat kembali ke laut tanpa bantuan orang tuanya? Anda dapat menemukan jawaban untuk pengetahuan ini, Pasukan. Seberapa menarik itu?

12. Botani

Botani adalah cabang biologi yang mempelajari tanaman dengan memasukkan jenis, struktur, distribusi, dan klasifikasinya. Pengetahuan ini sangat berguna di bidang pertanian, karena kita dapat menemukan karakteristik berbagai jenis tanaman.

13. Virologi

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata virus? Mungkin banyak dari Anda berpikir tentang penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus, ya.

14. Bakteriologi

Ternyata tidak semua bakteri bersifat patogen (berbahaya bagi inangnya), Anda tahu, Skuad. Bakteri juga dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah fermentasi. Cabang biologi yang berspesialisasi dalam studi bakteri adalah bakteriologi. Dalam ilmu ini, Anda dapat mempelajari tentang struktur, reproduksi, peran bakteri ini.

cabang biologi
Bakteri (sumber: giphy.com)

15. Mikologi

Tim, tentu saja Anda pernah melihat jamur pada makanan kadaluarsa, beberapa jamur tumbuh di pohon dan bahkan jamur yang bisa Anda makan, kan? Rupanya, jamur-jamur itu jenisnya berbeda, lho. Dalam cabang biologi ini Anda dapat mempelajari tentang berbagai jenis jamur termasuk struktur, reproduksi dan perannya di sini.

16. Ornitologi

Cabang biologi ini mengkhususkan diri dalam studi burung. Dalam ilmu burung, Anda tidak hanya belajar tentang klasifikasi spesies burung, tetapi Anda juga bisa belajar tentang perilaku burung-burung ini. Di sini, siapa yang memelihara burung-burung itu di rumah?

Indonesia adalah negara dengan jumlah spesies burung terbesar
17. Entomologi

Tahukah Anda bahwa serangga adalah populasi terbesar dan paling beragam di dunia? Keragaman ini membuat serangga menjadi objek menarik untuk dibahas, Anda tahu, tentang tim. Di cabang biologi, ada pengetahuan khusus tentang serangga, khususnya entomologi. Di sini, Anda dapat mengetahui jenis, klasifikasi, perilaku, dan bahkan distribusi semua serangga yang hidup di bumi.

18. Mamografi

Sementara itu, mamologi adalah belajar tentang mamalia yang ada di bumi. Pengetahuan ini sangat menarik untuk dipelajari karena Anda dapat menambah pengetahuan Anda tentang semua jenis, klasifikasi, perilaku, dan bahkan distribusi mamalia ini.

paus-03

Setelah membaca artikel ini, Anda sekarang dapat mengetahui bahwa biologi membahas semua makhluk hidup di bumi mulai dari mikroorganisme hingga dimensi organisme terbesar di bumi. Oh ya, dengan perkembangan teknologi, tentu saja cabang-cabang ini akan terus bertambah.

Apakah Anda ingin mempelajari materi ini melalui video yang menarik? Anda bisa menggunakan ruang belajar. Topik yang dapat Anda pahami dengan mudah karena Anda akan diajar oleh master yang berpengalaman. Psst, ada juga latihan, lho! Ayo, instal aplikasi Ruangguru sekarang!

Artikel terkait : rumusguru.com