macam metode pelatihan implementasi sistem

macam metode pelatihan implementasi sistem

macam metode pelatihan implementasi sistem

macam metode pelatihan implementasi sistem
macam metode pelatihan implementasi sistem

Metode pelatihan adalah proses untuk melatih pengguna dalam penggunaan proses bisnis baru dan fitur serta fungsi sistem baru dengan tujuan pengembangan kompetensi untuk menjamin keberhasilan operasional sistem baru. alur atau tata cara untuk menjelaskan mengapa metode pelatihan harus dipilih dengan hati-hati agar sesuai dengan tujuan dari satu sesi dan sesuai dengan profil pelatihan.

Sistem Informasi diperlukan untuk beberapa tahapan yang satu sama lain saling berkaitan dan merupakan suatu siklus yang tidak pernah berhenti. Adapun tahapan yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a. Identifikasi

Pemahaman awal perlunya pembuatan sistem informasi dan permintaan formal untuk mengembangkan sistem informasi.
b. Inisiasi dan Perencanaan
Untuk menentukan spesifikasi kebutuhan dan untuk mengetahui bagaimana sistem informasi dapat membantu penyelesaian permasalahan. Pada tahap ini dibuat keputusan perlunya dibuat suatu aplikasi atau mengembangkan aplikasi yang sudah ada.
c. Analisis
Melakukan analisis untuk membuat spesifikasi dan mengstrukturkan kebutuhan pengguna serta menseleksi aplikasi lain yang sudah ada. Pada tahapan ini akan diperoleh spesifikasi fungsional sistem.
d. Perencanaan Logika
Mendapatkan dan menstrukturkan kebutuhan sistem informasi secara keseluruhan. Pada tahap ini akan diperoleh spesifikasi rinci data, laporan, tampilan, dan aturan pemrosesan.
e. Perancangan Fisik
Mengembangkan spesifikasi teknologi yang akan digunakan, pada tahap ini akan diperoleh struktur program dan basisdata, serta perancangan struktur fisik.
f. Implementasi
Pembuatan program dan basisdata, melakukan instal dan menguji sistem. Pada tahapan ini akan diperoleh program aplikasi dan dokumentasi.

  1. Pemeliharaan
    Melakukan pemantauan kegunaan dan fungsi sistem, serta melakukan audit sistem secara periodik.
    sumber : http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_10153/title_1-kebutuhan-akan-sistem-informasi/

Tujuan Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan, maka peserta mampu :

  • memahami dan memiliki kemampuan menggunakan sistem perkantoran modern,
  • mengetahui alur pekerjaan dan membuat lebih sederhana,
  • melakukan pengaturan tempat kerja yang tertata ringkas, tersusun rapi, bersih serta terawat dengan baik dengan penuh semangat kerajinan karena terbentuknya pengertian,ketrampilan dan sikap yang mendukung.
  • menyusun prosedur penyimpanan, pengambilan dan pencarian secara cepat, pemindahan dan pemusnahan,

Sumber : https://sam-worthington.net/