Langkah Persiapan Menyusui Sejak Kehamilan

Selain persalinan, proses menyusui juga harus disiapkan sejak awal kehamilan. Ini untuk memungkinkan proses menyusui berjalan lancar nanti. Jadi, bagaimana Anda mempersiapkan menyusui selama kehamilan?

Selama kehamilan, tubuh sebenarnya mempersiapkan proses menyusui secara alami. Hal ini ditandai dengan peningkatan aliran darah ke payudara dengan perkembangan duktus. Kemudian, puting menjadi sensitif ketika disentuh, ukuran payudara bertambah, bagian isola menjadi lebih gelap, dan bentuk putingnya berubah.

Langkah-langkah untuk mempersiapkan menyusui

Secara alami, proses menyusui mungkin tidak mudah oleh ibu. Berikut adalah beberapa langkah persiapan yang dapat membantu Anda memulai proses menyusui setelah hamil:

Tingkatkan informasi menyusui
Seorang wanita hamil yang sedang mempersiapkan menyusui dapat memperoleh informasi dari berbagai organisasi lain seperti ibu menyusui, buku, internet dan sebagainya. Anda juga dapat memperoleh informasi di klinik laktasi atau konsultan laktasi rumah sakit tertentu. Selalu konsultasikan informasi yang Anda dapatkan dengan dokter kandungan yang Anda tangani.
Jaga puting Anda bersih
Jaga agar puting tetap bersih setiap saat dari awal kehamilan hingga masa menyusui. Saat membersihkannya, puting susu Anda sakit saja, jadi jangan dikikis kuat-kuat. Sebaliknya, bersihkan puting dengan lembut dan gunakan handuk lembut saat membersihkan.
Perhatikan nutrisi
Pastikan Anda mengonsumsi nutrisi yang cukup saat menyusui. Zat besi, kalsium, karbohidrat, garam adalah nutrisi yang perlu dipenuhi selama menyusui. Makanan dan minuman yang baik untuk mencerna nutrisi ini termasuk biji-bijian, susu, dan sayuran hijau.
Melakukan teknik relaksasi
Relaksasi dengan menyesuaikan pernapasan bermanfaat bagi ibu hamil dalam proses menyusui. Umumnya selama masa menyusui, ibu harus menenangkan bayi dan memiliki kegelisahan ekstra untuk dibawa ke bayi untuk memenuhi kebutuhannya.
Beli peralatan keperawatan sesuai kebutuhan
Bra yang tumbuh dengan menyusui khusus adalah bra yang bisa Anda beli sejak akhir kehamilan. Bra umumnya berukuran besar sehingga Anda bisa menopang payudara yang diisi dengan ASI (ASI). Selain itu, bra menyusui memiliki sisi depan, semacam jendela, yang dapat memfasilitasi proses menyusui bayi nanti. Bantal menyusui mencegah sakit leher dan bahu ibu sambil menjaga kenyamanan bayi menyusui.
Persiapkan pasangan untuk mendukung proses menyusui
Menyusui bukan hanya hubungan antara ibu dan bayi. Sang suami yang menjadi ayah kemudian menjadi faktor penting yang menentukan keberhasilan proses menyusui. Seorang ibu menyusui yang mendapat dukungan dari pasangannya dapat membiakkan susu lebih lama.

Wanita hamil dapat mencoba langkah-langkah di atas untuk mempersiapkan menyusui. Ini penting agar proses menyusui nanti untuk anak tidak akan terganggu. Jika perlu, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda tentang persiapan untuk menyusui.

baca juga :