Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada katup atau klep


Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada katup atau klep

Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada katup atau klep selama pemakaian mesin motor antara lain adalah:

  1. Seting / kedudukan daun katup aus / pecah,
  2. Batang katup-nya aus atau mengecil,i
  3. Batang katup-nya bengkok.

Cara perbaikan daun katup yang sudah aus

Apabila daun katup aus hanya sedikit maka perbaikan bisa dengan cara men-sekur lagi. Namun apabila daun katup pecah maka perbaikannya harus melakukan penggantian dengan yang baru. Dan setiap penggantian katup yang baru harus di-sekur lebih dahulu tujuannya agar kedudukan daun katup bisa merapat dengan seting katup dari kepala silinder.

Cara perbaikan batang katup yang aus atau mengecil

Jika batang klep sudah aus maka harus dilakukan penggantian yang baru dan pada waktu mengganti katup ini sebaiknya bos katup / guide valve-nya juga harus diganti baru. Untuk mengganti katup saja cukup kita pasang sendiri tetapi kalau mengganti bos katup harus dilakukan oleh bengkel bubut.

Cara perbaikan batang katup yang bengkok

Apabila sampai batang katup bengkok maka perbaikannya harus dengan penggantian dengan yang baru

  1. Klakson Mobil Yang Rusak

Cara perbaikan

  1. Tentukan masalah pada klakson. Kenali jenis kerusakan klakson mobil untuk membantu Anda memutuskan cara memperbaikinya.
  2. Buka kap mesin dan mintalah seseorang menekan klakson jika terdengar pada volume rendah. Banyak mobil memiliki 2 klakson atau lebih. Jika bunyi klakson rendah saat ditekan, 1 klakson atau lebih telah berhenti berfungsi.
  3. Carilah klakson pada pendukung radiator inti atau di belakang grille mobil.
  4. Lepaskan konektor kabel. Klakson menyerupai sekring dengan kawat yang mengarah keluar. Untuk melepas konektor kawat, tekan ke bawah ujung bawah konektor lalu tarik kabel keluar. Lepaskan baut pemasangan dan pelat sambung yang melekat pada kabel. Bersihkan komponen lalu pasangkan kembali. Mintalah seseorang untuk membunyikan klakson .