Jenis Penulisan Artikel

Jenis Penulisan Artikel

Jenis Penulisan Artikel

Jenis Penulisan Artikel

Dalam menulis sebuah artikel, terdapat berbagai jenis serta cara penulisannya, antara lain :

    1. Argumentasi

Kara tulis ini memiliki tujuan guna membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan fakta sebagai alasan atau bukti. Penulis mengharapkan adanya kebenaran berpendapat dari para pembaca yang terdiri dari unsur data, opini, dan fakta.

    1. Deskripsi

Karangan ini mengandung gambaran mengenai sebuah hal sehingga pembaca seolah-olah mendengar, merasakan, atau melihat keadaan tersebut yang berupa fakta dan fiksi.

    1. Eksposisi

Karya tulis eksposisi berisi tentang penjelasan mengenai topik yang bertujuan guna memberi pengetahuan tambahan untuk para pembaca yang dilengkapi dengan adanya gambar, grafik, dan sebagainya.

    1. Persuasi

Karya tulis persuasi memiliki tujuan guna mempengaruhi para pembaca untuk berbuat sesuatu. Pengarang mengharapkan sikap motorik yang berupa perbuatan yang dapat dilakukan oleh para pembaca sesuai dengan adanya anjuran dari penulis dalam karya tulisnya.

    1. Narasi

Narasi merupakan karya tulis yang dikenal sebagai sebuah cerita yang isi berisi fiksi atau fakta. Pada karangan ini terdapat sebuah peristiwa atau kejadian dalam setiap urutan waktu, dimana dalam kejadian tersebut terdapat seorang tokoh yang menghadapi suatu konflik.


Sumber:

https://www.sekolahbahasainggris.co.id/