Inilah Cara Mencangkok Apel Pusta Dengan Mudah


Inilah Cara Mencangkok Apel Pusta Dengan Mudah

Inilah Cara Mencangkok Apel Pusta Dengan MudahInilah Cara Mencangkok Apel Pusta Dengan Mudah

Pasti sebagian orang sudah pernah memakan apel pusta atau apel india karena terkenal kemanisannya, tetapi banyak orang belum mengetahui cara mencangkok apel pusta ini.

Buah apel sangat terkenal vitamin yang terkandung didalamnya, banyak yang mencari untuk dikonsumsi setiap hari. Vitamin yang terkandung yaitu ada vitamin C, vitamin B6, dan Vitamin B1 itu sangat penting bagi tubuh apa lagi vitamin C karena sangat dibutuhkan tubuh sebagai antioksida. Buah apel ini disukai dari semua kalangan karena kemanisannya, tetapi sekarang telah hadir apel pusta atau apel india ini apel yang juga menyuguhkan kemanisan didalamnya. Sangat disayangkan karena masih belum banyak yang mengetahui bagaimana cara mencangkok apel pusta ini di rumah yang sebenarnya cukup mudah loh.
Menanam buah apel memang bisa dengan bijii tetapi jika melalui mencangkok bisa lebih mudah kenapa tidak dilakukan, hasil yang didapat dari buahnya sama saja. Apel pusta ini mempunyai bentuk tidak beda jauh dengan tomat dan warnanya yang hijau, tenang saja walaupun hijau rasanya tetap manis dan dagingnya yang lembut serta renyah membuat kenikmatan tersendiri.
Apel pusta sudah banyak dibudidayakan di Semarang, disana sudah banyak pengolahannya. Tidak hanya diperjual belikan buahnya saja tetapi dijadikan sebagai sirup dan dodol. Pohon apel pusta ini yang bisa hidup didataran rendah seperti Semarang membuat masyarakat disana sudah lama membudidayakannya.

Cara mencangkok apel pusta

Pohon apel yang mempunyai diameter 5-6 cm dan berat 50-85 gram berat buahnya ini bisa anda cangkok di rumah. Tidak perlu khawatir karena anda tidak berada di Malang yang biasa menjadi kota budidaya buah apel karena apel pusta ini bisa tumbuh di dataran rendah, jadi jika anda berada di Jakarta tetap bisa menanamnya. Buah apel pusta ini memang belum banyak di perjual belikan di pasaran maka dari itu jika anda bisa mencangkok pohonnya dan menanam di rumah itu bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana anda harus mencangkok buah apel pusta.

1 1.Siapkan peralatan
Sebelum anda ingin mencangkok pohon apel pusta ini lebih baik menyiapkan peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu agar semua sudah siap dan tidak keteteran. Peralatan yang perlu anda siapkan adalah pisau untuk memotong, tali rafia yang digunakan untuk mengikat pada batang pohon, plastik transparan digunakan untuk membungkus batang nantinya, stapler digunakan untuk menyatukan plastik, tisue digunakan untuk mengeringkan batang dari lendir kambium, dan yang terakhir adalah tanah dan kompos ini yang terpenting karena menjadi komposisi utama untuk mencangkok.

2 2. Pilih pohon induk
Anda harus memilih pohon induk yang sudah masuk kretaria untuk dijadikan sebagai bahan cangkok jadi hasilnya akan bagus, jadi bukan asal semua pohon bisa dicangkok karena harus diperhatikan terlebih dahulu.
Artikel terkait : Inilah Cara Mencangkok Apel Pusta Dengan Mudah
3 3. Pilih cabang pohon
Seperti sudah diketahui jika ingin mencangkok pilihlah batang pohonnya. Sebelum mencangkok pohon apel pusta ini anda harus terlebih dahulu memilih batang pohon induknya, pilih yang umurnya sedang tidak terlalu tua atau terlalu muda. Lalu pilih batang yang berukuran sama dengan jari kelingking dan berwarna cerah batangnya.

4 4.Kupas cabang
Setelah anda memilih batang cabang yang akan dijadikan sebagai bahan cangkokan, kupaslah secara melingkar sampai 4 cm terlebih dahulu menggunakan kater sampai kulit luarnya bersih dan batang berwarna coklat keputihan.

Sumber: https://tokopediaaplikasi.id/inovasi-kaskus-pada-ultah-ke-18/