Hal yang Mempengaruhi Harga Jual


Hal yang Mempengaruhi Harga Jual
Hal yang Mempengaruhi Harga Jual

  • Biaya penuh untuk memproduksi produk/jasa.Biaya penuh tidak boleh lebih besar dari harga jual, supaya tidak menghasilkan kerugian. Manfaat biaya penuh adalah sebagai berikut:
    • Biaya penuh merupakan titik awal untuk mengurangi ketidakpastian yang dihadapi oleh pengambil keputusan: dalam pengambilan keputusan satu-satunya informasi yang memberikan kepastian relatif tinggi adalah biaya. Dengan informasi biaya manajer penentu harga jual memiliki dasar untuk menetapkan kebijakan penentuan harga jual dengan aman.
    • Biaya penuh merupakan dasar yang memberikan perlindungan bagi perusahaan dari kemungkinan kerugian: untuk menghindari kerugian, salah satu cara adalah dengan berusaha memperoleh pendapatan yang paling tidak tidak dapat menutup biaya penuh.
    • Biaya penuh memberikan informasi yang memungkinkan manajer penentu harga jual melihat struktur biaya perusahaan lain: dengan informasi biaya penuh, manajer penentu harga jual akan mampu memahami  atau paling tidak menduga tindakan yang dilakukan oleh perusahaan pesaing bila perusahaan pesaing melakukan perubahan harga jual produk atau jasanya.
    • Biaya penuh merupakan dasar untuk pengambilan keputusan perusahaan memasuki pasar: berdasarkan perbandingan harga jual yang terbentuk di pasar dengan biaya penuh produk atau jasa, manajer penentu harga jual akan menghadapi tiga kemungkinan berikut ini :

 

Sumber :

https://mhs.blog.ui.ac.id/abd.jalil/jasa-penulis-artikel/