Gejala,Penyebab,Resiko dan Cara Mengobati Penyakit Cacar

Apa itu cacar air?

Cacar air adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella yang menyerupai seluruh tubuh dan wajah. Infeksi juga dapat menyerang selaput lendir (selaput lendir), seperti pada mulut.

Virus biasanya menyerang pada masa kanak-kanak. Namun, jangan mengecualikan seseorang yang baru dengan penyakit ini di masa dewasa.

Cacar air dapat berkembang menjadi penyakit yang disebut herpes zoster dewasa atau menjadi penampilan kedua. Herpes zoster atau cacar air umumnya lebih menyakitkan dan dapat menyebabkan komplikasi serius.

Seberapa umum cacar air?
Cacar air adalah penyakit menular yang sangat umum. Penyakit ini dapat terjadi pada semua umur. Tetapi kebanyakan dari mereka menyerang anak-anak di bawah usia 15 tahun.

Orang dengan sistem kekebalan yang lemah lebih berisiko terserang penyakit ini seperti bayi baru lahir, wanita hamil dan orang tua.

Penyakit ini biasanya muncul sekali seumur hidup. Sangat sedikit orang yang memiliki infeksi cacar air dua kali dalam hidup mereka.

Tanda dan gejala
Apa saja tanda dan gejala cacar air?
Gejala varisela biasanya muncul 7 hingga 21 hari setelah tubuh terpapar virus. Pada saat ini tubuh mulai penuh dengan ruam. Selanjutnya, ruam mulai berubah menjadi gatal penuh cairan yang akan mengering untuk membentuk kerak dalam waktu 5-10 hari.

Laporan dari Mayo Clinic, ketika terserang cacar air yang muncul bisa sangat kecil, tetapi bisa juga lebih dari 500 ulet.

Sebelum munculnya ruam dan gengsi, ada berbagai tanda dan gejala lain yang biasanya muncul sekitar 1 atau 2 hari sebelumnya, yaitu:

suhu
Kehilangan selera makan
sakit kepala
Keletihan dan rasa tidak enak
Secara umum, Anda akan melalui tiga fase utama setelah munculnya ruam, yaitu:

Dossi pink atau merah (papula) muncul selama beberapa hari
Munculnya lepuh kecil berisi cairan yang terbentuk sekitar sehari sebelum kerusakan
Kerak dan keropeng tampak menutupi lepuh yang rusak
Biasanya benjolan baru terus muncul di seluruh bagian tubuh selama beberapa hari hingga berhenti. Dalam kasus yang paling serius, ruam dapat menutupi seluruh tubuh dan ketahanan dapat muncul di tenggorokan, di mata, di selaput lendir uretra, di anus, di vagina.

Anda berisiko menularkan penyakit ini 2 hari sebelum timbulnya ruam hingga 6 hari setelah pembentukan ketahanan. Virus akan tetap menular sampai semua gelembung yang pecah mengeras.

Mungkin ada tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika ragu tentang gejala tertentu, konsultasikan dengan dokter Anda.

Kapan saya harus ke dokter?
Ketika gejala cacar air mulai muncul, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter atau anak Anda. Dokter Anda akan meresepkan obat-obatan untuk mengurangi keparahan dan mengurangi gejala cacar air yang Anda atau anak Anda derita.

Juga, konsultasikan dengan dokter Anda lagi jika Anda atau anak Anda mengalami berbagai gejala seperti:

Ruam yang menyebar ke satu atau kedua mata
Ruam menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan dan terasa panas. Ini bisa menjadi tanda infeksi bakteri
Pusing, kebingungan, detak jantung yang cepat, sesak napas, leher kaku, gemetar karena demam di atas 39,4 ° C
Mereka memiliki riwayat keluarga dengan sistem kekebalan yang lemah
Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan informasi lengkap tentang masalah kesehatan Anda.

Penyebab
Apa yang menyebabkan cacar air?
Penyebab cacar air adalah virus herpes varicella-zoster. Virus ini dapat menular dari orang yang terinfeksi ke orang yang sehat dua hari sebelum lepuh muncul. Virus akan tetap menular sampai semua lepuh kering. Biasanya virus ini dapat menyebar melalui:

air liur
batuk
bersin
Kontak dengan cairan melepuh
Faktor risiko
Apa yang meningkatkan risiko saya terkena cacar air?
Siapa pun yang belum pernah terpapar atau terinfeksi virus berisiko terkena cacar air. Namun, risikonya akan meningkat menjadi:

Orang yang baru-baru ini berhubungan dengan penderita cacar air
Anak-anak di bawah 12 tahun
Orang yang merokok
Wanita hamil yang belum pernah menderita cacar air
Orang yang belum pernah mendapatkan varisela
Orang dewasa hidup dengan anak-anak
Bekerja di sekolah atau pembibitan di mana virus sangat rentan untuk menyebar
Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah karena penyakit atau obat-obatan tertentu.
Paparan virus melalui infeksi aktif sebelumnya atau vaksinasi mengurangi risiko tertular penyakit ini.

Diagnosis dan terapi
Informasi yang diberikan tidak menggantikan saran medis. SELALU berkonsultasi dengan dokter Anda.

Apa tes varicella yang biasa?
Bintik-bintik akibat cacar air berbeda dari ruam kulit jenis lain, sehingga diagnosisnya mudah ditentukan. Dokter akan memeriksa riwayat kesehatan Anda dan melihat ruam untuk membuat diagnosis.

Namun, jika ragu, dokter biasanya akan memeriksanya dengan melakukan tes darah atau sampel kultur lesi.

Apa saja pilihan pengobatan untuk cacar air?
Cacar air pada anak-anak biasanya tidak memerlukan obat-obatan khusus karena dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, dokter biasanya meresepkan berbagai jenis obat untuk meringankan gejala seperti:

Obat penghilang rasa sakit
Parasetamol atau parasetamol umumnya diresepkan untuk meredakan demam dan nyeri ringan. Namun, sebaiknya jangan berikan obat penghilang rasa sakit pada anak yang mengandung aspirin.

Aspirin dapat menyebabkan kondisi yang disebut sindrom Reye. Sindrom Reye adalah suatu kondisi di mana fungsi otak dan hati tiba-tiba rusak.

Jika demam berlanjut selama lebih dari empat hari pada suhu di atas 38,8 ° C, segera konsultasikan dengan dokter.

antihistamin
Antihistamin seperti diphenhydramine (Benadryl) adalah di antara obat yang diresepkan untuk menghilangkan rasa gatal. Biasanya obat tersebut bisa dalam bentuk krim topikal atau obat oral.

Antihistamin menjadi salah satu obat terpenting karena membantu mengurangi risiko menggaruk kulit. Lepuh yang menggaruk dapat menyebarkan penyakit ke bagian tubuh lain dan menyebabkan bekas luka cacar nantinya.

Obat antivirus
Untuk orang yang berisiko tinggi mengalami komplikasi, dokter akan meresepkan obat untuk mempersingkat infeksi. Selain itu, obat antivirus diberikan secara alami untuk mengurangi risiko komplikasi.

Wanita hamil, anak-anak di bawah usia enam bulan dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah berisiko tinggi mengalami komplikasi akibat cacar air.

Dokter biasanya meresepkan asiklovir (Zovirax, Sitavig). Obat antivirus lain, seperti valaciclovir (Valtrex) dan famciclovir, sebenarnya dapat mengurangi keparahan penyakit. Namun, obat ini biasanya tidak selalu cocok untuk semua orang.

Obat antivirus dapat mengurangi keparahan cacar air dalam waktu 24 jam setelah munculnya ruam pertama.

vaksinasi
Dalam beberapa kasus, dokter biasanya meminta Anda untuk mengambil vaksin setelah terpapar virus ini. Karena selain mencegah penyakit, vaksin varicella juga dapat mengurangi keparahan gejala.

Namun, tidak semua orang bisa mendapat vaksinasi varicella. Dokter akan memberikannya hanya jika perlu.

Perawatan di rumah
Apa pengobatan rumahan dan perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk mengobati cacar air?
Cacar air adalah penyakit yang bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Karena itu, merawat dokter hanya membantu mempersingkat dan meringankan gejala.

Namun di luar itu, Anda juga bisa melakukan berbagai perubahan gaya hidup dan perawat rumahan untuk meringankan gejala. Berikut berbagai tindakan yang harus diambil untuk meringankan gejala penyakit, yaitu:

Jangan menggaruk lepuh
Menggaruk area yang gatal hanya akan membuat lepuh semakin parah. Goresan dapat memperlambat penyembuhan, meningkatkan risiko cedera dan infeksi dan menyebabkan jaringan parut. Untuk ini, perlu untuk menahan diri dari menggaruk lecet secara sadar.

Sayangnya, saat Anda tidur itu menjadi waktu ketika Anda secara tidak sadar dapat menggaruk kulit. Memotong kuku dan menjaganya tetap bersih adalah cara yang tepat untuk mencegah luka goresan kulit.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sarung tangan dan kaus kaki saat tidur agar kulit tidak sakit meski tergores.

Perlengkapan mandi oatmeal
Gatal yang ekstrem adalah masalah utama saat terkena cacar air. Mandi di oatmeal di bak mandi air panas bisa menjadi solusi.

Jenis yang umum digunakan adalah oatmeal koloid yang ditumbuk menjadi bubuk halus. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Drugs in Dermatology menemukan bahwa bahan ini mengandung antioksidan dan sifat anti-inflamasi,

Oatmeal koloid juga membantu melembabkan kulit dan bertindak sebagai emolien untuk perawatan kulit kering. Selain itu, oatmeal koloid juga memiliki kadar pati yang tinggi untuk membantu menenangkan dan melindungi kulit.

Sodium bikarbonat
Selain mandi oatmeal, Anda juga bisa menggunakan soda kue untuk campuran mandi. Seperti halnya oatmeal, soda kue juga membantu meringankan rasa gatal.

Tambahkan baking soda sekitar 5 hingga 7 sendok makan di bak mandi air panas. Kemudian rendam selama sekitar 15 hingga 20 menit.

Baca juga :