Fisipol Unja Adakan Lokakarya Penelitian dan Publikasi Bereputasi

Fisipol Unja Adakan Lokakarya Penelitian dan Publikasi Bereputasi

Fisipol Unja Adakan Lokakarya Penelitian dan Publikasi Bereputasi

Fisipol Unja Adakan Lokakarya Penelitian dan Publikasi Bereputasi
Fisipol Unja Adakan Lokakarya Penelitian dan Publikasi Bereputasi

Penelitian dan Publikasi Ilmiah dosen menjadi komponen penting tidak hanya terkait dosen secara individu

, tetapi juga menyangkut institusi dan negara. Dosen tidak hanya mengajar di ruang-ruang kelas, tetapi juga menjalankan penelitian dan pengabdian masyarakat dalam kerangka Tri Dharma Perguruan Tinggi. Karenanya, peringkat perguruan tinggi dan pendidikan sebuah negara ditentukan salah satunya melalui penelitian dan publikasi ilmiah dosen.

Problemnya adalah tidak mudah bagi dosen melakukan penelitian yg memenuhi kaidah-kaidah riset yang baik. Apalagi hasil penelitian tersebut dipublikasi dalam jurnal-jurnal ilmiah bereputasi.

Atas dasar demikian, Fisipol Universitas Jambi mengadakan Lokakarya Dosen dengan tema Strategi Penelitian dan Publikasi Ilmiah Bereputasi. Lokakarya ini menghadirkan Dr. Asrinaldi, M.Si, Dosen Fisip Universitas Andalas. Kegiatan ini dipandu oleh Dr. Pahrudin HM, M.A. sebagai moderator acara yang dihelat pada tanggal 3 Oktober 2019.

Dalam sambutannya, Dekan Fisipol UNJa, Dr. Hartati, SH., MH menyampaikan bahwa lokakarya ini

dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan para dosen dalam penelitian dan publikasi ilmiah bereputasi.

Dalam lokakarya yang dilaksanakan di Aula Fisipol ini, Dr. Asrinaldi, M.Si menyatakan bahwa penelitian dimulai dengan penyusunan proposal yang baik. Proposal penelitian dapat dimulai penyesuaian dengan peta jalan minat kajian, observasi, review kajian terdahulu dan diskusi dengan sesama dosen. Lebih lanjut disebutkan bahwa penelitian harus menggunakan kajian teoretis, didahului penyusunan draft artikel terhadap masalah yang akan diteliti, dan triangulasi di lapangan serta diakhiri dengan analisis secara kontekstual dengan konsep.

Sementara publikasi ilmiah didahului dengan memahami karakter jurnal yang akan dituju,

mengetahui posisi indeksasi jurnal dan mengirimkannya untuk melihat respons pengelola jurnal.

Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dengan para dosen. Banyak dosen yang menyampaikan beberapa permasalahan terkait penelitian dan publikasi. Pertanyaan-pertanyaan dari para dosen didiskusikan dengan baik dalam kegiatan ini.

Di akhir kegiatan, moderator menyampaikan kesimpulan dari lokakarya ini. Moderator yang juga Ketua Prodi Ilmu Politik UNJA, Dr. Pahrudin HM, M.A. menyatakan bahwa penelitian dengan tema yang aktual dan dilakukan dengan baik akan menghasilkan publikasi yang juga baik.

 

Sumber :

https://www.emailmeform.com/builder/form/LE7bXeP1ba