FASE MUNCULNYA MASYARAKAT MADANI


FASE MUNCULNYA MASYARAKAT MADANI

FASE MUNCULNYA MASYARAKAT MADANI

FASE MUNCULNYA MASYARAKAT MADANI

1. FASE PERTAMA

Di negara bagian barat masyarakat madani memiliki fase perkembangan dan pendapat. Tepatnya pada abad 15-16 Thomas Hobbes mengatakan bahwa civil society memiliki peran meredam konflik di suatu negara, karena ia memiliki kekuasaan mutlak sehingga dapat mengatur serta mengontrol tingkah laku setiap warga negara.

2. FASE KEDUA

Di fase kedua terjadi di Skotlandia pada tahun 1767 yang dikembangkan oleh Adam Ferguson. Ia berpendapat bahwa civil society memiliki penekanan pada kehidupan sosial dan politik, ia mencetuskan hal ini karena di Skotlandia terjadi krisis kapitalisme yang melahirkan ketimpangan sosial berlebihan.

3. FASE KETIGA

Fase ketiga muncul pada tahun 1793 dimana Thomas paine memaknai civil society sebagai suatu yang benar-benar berlawanan terhadap lembaga negara yang berlaku. Ia berpendapat bahwa suatu kesejahteraan akan tercipta jika terdapat delegasi kekuasaan yang diberikan oleh masyarakat secara langsung, sehingga akan membuat masyarakat akan semakin mudah untuk diatur.

4. FASE KEEMPAT

Fase keempat civil society dikembangkan oleh Hegel dan Karl marx pada abad 17-18, mereka berpendapat bahwa civil society merupakan elemen yang menyusun sebuah ideologis kelas dominan. Artinya civil society berperan penting terhadap sebuah ideologi kemasyarakatan yang akan dianut dalam sebuah pemerintahan.

5. FASE KELIMA

Fase terakhir datang dari Alexis pada abad ke 18, ia berpendapat bahwa civil society merupakan komponen penyeimbang suatu negara. Ia mengatakan bahwa kekuatan politik dan masyarakat sipil memiliki pengaruh terhadap berdirinya suatu negara dengan kuat.


Sumber: https://www.slimmingcapsule.co.id/beyond-oasis-classic-apk/