ETOS KERJA ORANG JEPANG


ETOS KERJA ORANG JEPANG

ETOS KERJA ORANG JEPANG

ETOS KERJA ORANG JEPANG

Berikut ini etos kerja yang bisa anda tiru dari orang Jepang :

1. BUSHIDO

Untuk yang pertama, Bushido adalah cara bekerja yang tampak atau berprinsip seperti seorang kesatria atau pahlawan. Walau terdengar kuno, namun di Jepang masih cukup banyak orang yang menggunakan prinsip ini sebagai dasar etos kerja yang mereka lakukan. Pada masa ini etos kerja seperti ini memang masih cukup efektif.

Cara menerapkan etos kerja ini adalah :

• Menghargai orang tua. Menurut orang Jepang, orang tua merupakan pusat atau hal yang penting agar sikap kesatria bisa diterapkan. Sehingga ketika keberhasilan seseorang dalam bekerja atau berkarir akan menjadi buruk jika tidak menghargai orang tua. Jadi, orang Jepang akan selalu kembali ke orang tua walau sibuknya pekerjaan yang ada.

• Setia untuk setiap janji. Kategori setia disini yang terutama adalah untuk janji pada sebuah pekerjaan yang orang Jepang lakukan. Ini adalah cara dalam menumbuhkan profesionalitas yang ada agar pekerjaan yang dilakukan dapat berjalan baik dan bisa diterapkan pada kehidupan pribadi masing-masing orang.

• Optimis. Sikap orang jepang adalah optimis ketika menerapkan etos kerja ini, karena menurut orang Jepang ketika memiliki sikap optimisme maka segala pekerjaan yang dilakukan akan dekat dengan tujuan yang diinginkan.

2. GANBATTE

Kata ini memang sudah cukup populer dan banyak digunakan untuk membakar semangat atau bisa juga memotivasi untuk melakukan hal terbaik. Etos kerja ini biasanya sudah ditanamkan sejak masih duduk dibangku sekolah sehingga melekat cukup kuat untuk orang Jepang. Ini bisa anda lihat pada saat orang Jepang bekerja, rasa malu akan tumbuh jika pulang kantor lebih cepat dari rekan kerja di kantor.

Cara menerapkannya :

• Memiliki tekad untuk mengejar sesuatu hingga kemampuan terakhir. Kerja keras merupakan hal yang cukup menjadi keharusan bagi orang Jepang. Hal ini memicu agar masing-masing orang Jepang memiliki tekad untuk berlatih hingga mampu walau proses yang dituju cukup lama dan banyak rintangan.

• Target besar dimulai dari hal kecil. Pada penerapan ini, bisa anda pahami bahwa ketika ingin sesuatu maka harus memiliki target yang besar. Kemudian carilah langkah-langkah yang dapat mewujudkan target tersebut agar kehidupan menjadi lebih baik. Ini adalah hal yang wajar dilakukan oleh orang Jepang.

3. KAIZEN

Kaizen memiliki makna yang sangat baik yaitu “pengembangan dan perbaikan secara berterus” pada diri orang Jepang dan anda, hal ini bisa sangat membantu dalam membuat pekerjaan atau bisnis pada masing-masing menjadi lebih kuat. Prinsip etos kerja ini penting agar membantu masing-masing orang menjadi orang yang berkarakter baik.

Pada dasarnya untuk etos kerja Kaizen terdapat beberapa hal yang patut untuk selalu ditingkatkan dan dipelajari terus menerus. Seperti membuat standar diri agar dapat melakukan aktivitas secara rutin. Mencari inovasi terbaru yang dapat membakar semangat agar tindakan lebih efisien juga merupakan hal yang perlu anda lakukan sesuai cara kaizen.

Berikut ini cara menerapkannya :

• Evaluasi dan Perbaiki. Penerapan untuk hal ini adalah memperhatikan hal yang terkecil hingga hal yang paling besar untuk pengembangan diri.

• Komitmen Pada Waktu. Hal ini merupakan yang cukup sulit bagi orang Indonesia lakukan, poin ini juga yang membuat masyarakat Indonesia perlu meniru orang Jepang. Waktu adalah sesuatu yang sangat penting bagi orang Jepang untuk kesuksesan.

• Melakukan langkah kecil agar efektif dan efisien. Ini adalah cara agar menghindari diri dari masalah yang selalu datang, seperti keterlambatan atau permasalahan lainnya.


Sumber: https://www.terbaru.co.id/might-and-mayhem-apk/