Demokrasi Konstitusional


 Demokrasi Konstitusional

  1. Makna dan Hakikat Demokrasi

Demokrasi itu merupakan salah satu kata yang memiliki istilah yang sangat khas, yang di gunakan oleh seorang pencetusnya untuk menyebut sistem pemerintahan tertentu yang dibangun berdasarkan asas rakyat sebagai sumber kekuasaan.Secara bahasa demo-cratein atau demo-cratos (demokrasi) adalah keadaan negara dimana dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada di tangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam berada dalam keputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa, pemerintahan rakyat, dan kekuasaan oleh rakyat (Dede Rosyda, dkk, 2003:110; Bagus, 2000:154-155.

Pengertian demokrasi menurut para ahli adalah sebagai berikut (Dede Rosyda,dkk,2003: 110).

  1. Aristoteles

Menurutnya demokrasi adalah suatu kebebasan, yang artinya kebebasan setiap warga negara dapat berbagi kekuasaan. Aris toteles mengutarakan bahwa setiap warga negara itu setara dalam jumlah, yaitu satu individu dalam demokrasi tidak ada penilaian terhadap tingginya nilai individu tersebut setiap warga negara sama

  1. Abraham Lincoln

Menurutnya, pengertian demokrasi adalah sistem pemerinta yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

  1. Charles Costello

Menurut charles Costello, pengertian demokrasi adalah sistem sosial dan politik pemerintahan diri dengan kekuasaan-kekuasaan pemerinta yang dibatasi dengan hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak-hak perorangan warga negara.

  1. Hans Kelsen

Pengertian demokrasi menurut Hans Kelsen adalah pemerintahan oleh rakat dan untuk rakyat. Yang melaksanakan kekuasaan negara ialah wakil-wakil rakyat yang terpilih. Dimana rakyat telah yakin, bahwa segala kehendak dan kepentingan akan di perhatikan didalam melaksanakan kekuasaan negara.

  1. Merriem

Menurut merriem, demokrasi didefenisikan sebagai pemerintahan oleh rakyat, khususnya, oleh mayoritas. Pemerintahan dimana kekuasaan tertinggi tetap pada rakyat dan dilakukan oleh mereka baik secara langsung atau tidak langsung melalui sebuah sistem perwakilan yang biasanya dilakukan dengan cara mengadakan pemilu bebas yang diadakan secara periodik, rakyat umum khususnya untuk mengangkat sumber otoritas politik, tiadanya distingsi kelas atau hak istimewa berdasarkan keturunan atau kesewenang-wenangan.

  1. Sidney Hokk

Menurutnya pengertian demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana keputusan -keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak didasarkan dari kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.

  1. John L. Eposito

Kekuasaan dari dan untuk rakyat. Oleh karena itu, semuanya berhak untuk berpartisipasi, baik terlibat aktif maupun mengontrol kebijakan yang di keluarkan oleh pemerinta. Selain itu, tentu saja lembaga resmi pemerintah terdapat pemisahan yang jelas anta unsur eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.

https://tokopediaaplikasi.id/epic-of-kings-apk/