Data Penelitian

Data Penelitian

Data Penelitian

Data Penelitian
Data Penelitian

   Setelah beberapa minggu lalu membahas tentang penelitian, tak lengkap rasanya apabila tidak membahas tentang data. Data merupakan elemen yang sangat dibutuhkan dalam menyusun sebuah penelitian / karangan. Tanpa data kita tak dapat membahas suatu masalah karena data merukan sumber pokok dari sebuah penelitian, entah itu data mentah maupun data yang sudah diolah.

            Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis data penelitian. Sebelum masuk ke jenis-jenis data penelitian alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu data. Menurut pendapat saya,data adalah fakta-fakta yang belum memiliki arti bagi orang lain. Data kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas, tepat dan terstruktur agar dapat dimengerti orang lain yang tidak langsung mengalaminya sendiri.

            Berdasarkan karakteristiknya, data penelitian diklasifikasi ke dalam berbagai macam seperti tipe penelitiannya, sumbernya, subjeknya, formatnya, kegunaannya dan lain-lain. Jenis data penelitian subjek fisika berbeda dengan jenis data subjek biologi, jenis data ekonomi berbeda pula dengan jenis data antropologi, paleontologi, kedokteran dan sebagainya. Berikut ini beberapa contoh jenis-jenis data penelitian:

Berdasarkan Tipe Penelitian

  1. Data Kuantitatif

Data kuantitatif adalah data yang dapat diinput ke dalam skala pengukuran statistik. Fakta dan fenomena dalam data ini tidak dinyatakan dalam bahasa alami, melainkan dalam numerik.

  1. Data Kualitatif

Data kualitatif adalah data yang dapat mencakup hampir semua data non-numerik. Data ini dapat menggunakan kata-kata untuk menggambarkan fakta dan fenomena yang diamati.

Berdasarkan Sumber

  1. Data Primer

Data primer adalah data yang dikumpulkan oleh peneliti sendiri atau dirinya sendiri. Ini adalah data yang belum pernah dikumpulkan sebelumnya, baik dengan cara tertentu atau pada periode waktu tertentu.

  1. Data Sekunder

Data seunder adalah data yang dikumpulkan oleh orang lain, bukan peneliti itu sendiri. Data ini biasanya berasal dari penelitian lain yang dilakukan oleh lembaga-lembaga atau organisasi seperti BPS dan lain-lain.

Berdasarkan Cara Memperoleh

  1. Data Observasiona

Data observasi adalah data yang ditangkap. Data ini sekali jadi atau tidak bisa diulang, diciptakan atau diganti.

  1. Data Wawancara

Data wawancara adalah data yang diperoleh melalui tanya-jawab antara peneliti dan narasumber.

  1. Data Eksperimental

Data eksperimental adalah data yang dikumpulkan dalam kondisi terkendali atau berbasis laboratorium dan harus bisa direproduksi.

  1. Data Simulasi

Data simulasi adalah data hasil dari penggunaan model dan metadata di mana input lebih penting daripada output. Contoh: model iklim, model ekonomi, model kosmologi dan lain-lain.

  1. Data Referensi atau Kanonik

Data Referensi atau kanonik adalah data statis atau koleksi organik. Contoh: menggunakan data urutan gen yang sudah tersedia, struktur kimia, data sensus dan lain-lain.

  1. Data Derivasi atau Kompilasi

Data derivasi atau kompilasi adalah data reproduksi. Contoh: kompilasi database yang sudah ada untuk membangun struktur 3D.

Sumber : https://filehippo.co.id/

Data Penelitian
Data Penelitian