Cara Merawat Sendi


Cara Merawat Sendi

Cara Merawat Sendi

Cara Merawat Sendi

  • Jaga berat badan secara ideal

Ketika berat badan terukur berlebih, maka sendi pada kaki lebih berat untuk menopang tubuh. Tubuh dengan berat ideal membantu mengurangi kerja sendi.

  • Lakukan jalan kaki secara teratur

Ini berfungsi agar sendi tidak kaku. Anda bisa melakukan jalan kaki sebagai bagian dari olahraga, atau melakukan aktivitas harian dengan lebih mengoptimalkan gerak badan.


  • Cukupi kebutuhan kalsium harian

Kalsium tidak hanya baik bagi kepadatan tulang, namun turut menjaga sendi lebih sehat. Dapatkan kalsium dengan mengonsumsi sayuran hijau, susu, dan makanan lainnya.

  • Cukupi pula vitamin D

Kalsium memerlukan vitamin D agar lebih mudah diserap tubuh. Oleh sebab itu, jangan lewatkan berjemur matahari pagi. Sebab, sinar matahari pagi membantu pembentukan vitamin D yang ada di bawah kulit.


  • Hindari terlalu keras melakukan olahraga

Berlebihan dalam berolahraga memunculkan risiko cedera pada sendi. Sendi dimunginkan mengalami kerusakan.

  • Selalu dinamis mengubah posisi badan

Seimbangkan antara duduk dengan berdiri dengan baik. Hal ini berguna untuk mendistribusikan tekanan pada seluruh badan, sehingga tidak membebani sendi.


  • Jauhi asap rokok

Rokok membuat penyerapan vitamin D dan kalsium terganggu. Perokok dimungkinkan memiliki tulang yang lebih rapuh.


  • Konsumsi asam lemak omega 3

Lemak sehat ini biasa didapatkan pada ikan. Gunanya bagi sendi, akan membantu pelumasan sehingga mengindari cedera akibat gesekan.

  • Pakai sepatu yang nyaman dikenakan

Hindari memakai sepatu hak tinggi yang menimbulkan tekanan berlebih di sendi.


Sumber: https://thephotograph.co.id/flick-shoot-apk/