Bagian Utama Pukat Cincin (Purse Seine)


 Bagian Utama Pukat Cincin (Purse Seine)

Sayap (wing), perut, bahu dan kantong merupakan dagian utama dari pukat cincin, biasanya bagian ini dibuat dengan menggunakan benang nylon (PA) atau bahan lainnya.  Ukuran mata jaring (mesh size) biasanya sama tetapi kadang kala berbeda. Hal  ini  disesuaikan dengan ikan  yang menjadi  tujuan penangkapan. Pada  setiap bagian  jaring purse seine yang menggunakan ukuran jaring yang berbeda, biasanya pada bagian sayap merupakan menggunakan ukuran mata jaring yang paling besar dan makin kearah kantong semakin mengecil.

Penggunaan  benang  pada  umumnya  kebalikan  dari mata  jaring,  yaitu  dari  sayap  ke  arah  kantong  semakin  besar, maksudnya agar  jaring pada kantong lebih kuat. Sebab pada bagian kantong merupakan tempat terkumpulnya ikan, sedangkan  pada  bagian  sayap,  perut  dan  bahu  ukuran  benangnya  relatif  lebih  kecil  daripada  ukuran  beang  pada kantong,  hal  ini  disebabkan  pada  bagian-bagian  tersebut  hanya  merupakan  bagian  penggiring  ikan  agar  ikan berkumpul di kantong.

  1. Pelampung

Pelampung merupakan alat untuk mengapungkan seluruh jaring ditambah dengan kelebihan daya apung (extra bouyancy), sehingga alat ini tetap mampu mengapung walaupun di dalamnya ada ikan hasil tangkapan. Bahan yang dipergunakan sebagai pelampung biasanya memiliki berat jenis (bj) yang lebih kecil dibandingkan dengan berat jenis (bj) air  laut,  selain  itu bahan  tersebut  tidak menyerap air.  Pada umumnya pelampung purse  seine dibuat dari bahan plastik yang keras.

Ukuran  pelampung  disesuaikan  dengan  bentuk  dan  daya  apung  benda  tersebut,  pelampung  yang  biasanya digunakan pada alat tangkap ini berbentuk oval.  Sedangkan jumlah pelampung tergantung dari extra buoyancy  yang  diinginkan.    Pelampung  biasanya  dipasang  pada  tali  pelampung  (buoy  line)  yang  besar  ukuranya  sama dengan tali ris atas yang berbeda hanya arah pintalan tali tersebut.

Sumber :

https://bloggermuslimah.id/facebook-hapus-sebagian-besar-konten-ekstrimis/