Aplikasi Jajak Pendapat Dengan PHP

Aplikasi Jajak Pendapat Dengan PHP

Aplikasi Jajak Pendapat Dengan PHP

Aplikasi Jajak Pendapat Dengan PHP
Aplikasi Jajak Pendapat Dengan PHP

Akhir-akhir ini aplikasi jajak pendapat cukup marak terdapat di situs-situs internet, terutama situs-situs dalam negeri. Tema yang diangkat cukup beragam, seperti RUU Sisdiknas, Aksi Militer ke Aceh, Calon Presiden, bahkan sampai polemik goyang Inul. Situs-situs yang bernuansa khusus juga seringkali memiliki jajak pendapat sesuai dengan nuansa yang dimilikinya. Misalnya situs sepakbola akan mengangkat jajak pendapat siapa pemain terbaik di suatu liga, situs tentang Linux akan mengangkat jajak pendapat tentang distro apa yang paling favorit, situs handphone akan mengangkat jajak pendapat tentang ringtone favorit, dan masih banyak lagi.

Nah, sekalipun tema yang diangkat bisa bermacam-macam, namun pada dasarnya aplikasi jajak pendapat cukup mudah untuk dibuat. Umumnya aplikasi jajak pendapat hanya terdiri dari 2 halaman saja, yaitu form HTML yang berisi item-item pilihan dan hasil dari jajak pendapat tersebut. Hasil jajak pendapat dapat ditampilkan dengan bantuan HTML biasa atau dengan suatu aplikasi yang dapat menghasilkan gambar-gambar yang menarik sehingga hasil jajak pendapat dapat ditampilkan dalam bentuk pie chart misalnya. Untungnya, PHP juga dapat digunakan untuk menghasilkan gambar.

Untuk sementara PCplus akan memberikan tampilan hasil jajak pendapat yang memanfaatkan HTML biasa karena pembahasan mengenai menggambar dengan PHP belum sempat diberikan. Minggu depan PCplus akan memberikan artikel mengenai dasar-dasar menggambar dengan PHP dan setelah itu kita akan sempurnakan aplikasi jajak pendapat ini dengan tampilan berbentuk Pie Chart.

Untuk menyimpan hasil jajak pendapat diperlukan database, sehingga aplikasi ini juga akan menggunakan MySQL.

Aplikasi jajak pendapat yang kita buat kali ini akan mengangkat tema Pemain Terbaik Liga Italia musim kompetisi 2002/2003. Mengapa bukan tema yang berbau komputer? Distro Linux favorit misalnya? Yah, semata-mata hanya untuk “having fun” saja agar otak kita nggak berisi komputer melulu.

Mula-mula kita persiapkan dahulu databasenya. Kita akan buat database baru bernama poll sebuah tabel bernama favplayer yang berisi dua buah kolom yaitu “nama” dan “suara”. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

mysql> create database poll;

mysql> use poll

Database changed

mysql> create table favplayer(

-> nama varchar(20),

-> suara smallint);

Query OK, 0 rows affected (0.05 sec)

Baca Juga :