Apa itu Administrasi

Apa itu Administrasi

Apa itu Administrasi

Apa itu Administrasi

Kata “administrasi

berasal dari bahasa Yunani administrareyang berarti pengabdian atau service,pelayanan. Dewasa ini, ada dua pengertian administrasi, yaitu administrasi dalam arti sempit dan administrasi dalam arti luas. Pengertian administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan penyusunan dan pencatatan data dan informasi secara sistematis dengan tujuan untuk menyediakan keterangan serta memudahkan memperolehnya kembali secara keseluruhan dan dalam satu hubungan satu sama lain. Administrasi dalam arti sempit ini sebenarnya lebih tepat disebut sebagai tata usaha.

Pengertian administrasi dalam arti luas

adalah kegiatan kerja sama yang dilakukan sekelompok orang berdasarkan pembagian kerja sebagaimana ditentukan dalam struktur dengan mendayagunakan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Jadi, pengertian administrasi dalam arti luas memiliki unsur-unsur sekelompok orang, kerja sama, pembagian tugas secara terstruktur, kegiatan yang runtut dalam proses, tujuan yang akan dicapai, dan pemanfaatan berbagai sumber.

Intinya administrasi melingkupi seluruh kegiatan

dari pengaturan hingga pengurusan sekelompok orang yang memiliki diferensiasi pekerjaan untuk mencapai suatu tujuan bersama. Administrasi dapat berjalan dengan dua atau banyak orang terlibat di dalamnya. Contohnya, dua orang yang berusaha mengangkat batu besar (jika yang satu menarik tuas dan yang satu menahan agar tuas tidak patah) hingga organisasi besar, yaitu mengatur dan mengurus sebuah negara (pemerintah).
Sebagian besar literatur menggunakan istilah administrasi perkantoran danmanajemen perkantoran untuk menyebut administrasi. Hal ini dipertegas oleh pernyataan Perserikatan Bangsa-Bangsa (1969), bahwa keduanya memiliki arti yang sama, walaupun istilah adminstrasi lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan negara, sedangkan manajemen lebih banyak berkaitan dengan perusahaan.