Analisis peluang usaha berdasar minat dan daya beli konsumen


Analisis peluang usaha berdasar minat dan daya beli konsumen

Analisis peluang usaha berdasar minat dan daya beli konsumen

Analisis peluang usaha berdasar minat dan daya beli konsumen

Untuk mengetahui besar-kecilnya

minat masyarakat terhadap usaha yang kita dirikan, kita bisa melakukan observasi. Observasi ini bisa dilakukan dengan cara:

  • Mengadakan pengamatan langsung ke pasar
  • Melakukan wawancara
  • Memberikan angket untuk diisi oleh calon konsumen

Demikian juga untuk mengetahui seberapa besar kekuatan daya beli konsumen. Kita harus meneliti siapa konsumen yang akan menggunakan produk kita:

  1. Apakah mereka dari kalangan atas, menengah, atau bawah?
  2. Apakah mereka berpenghasilan tinggi, sedang atau rendah?
  3. Apakah mereka anak-anak, remaja atau dewasa?
  4. Apakah mereka orang yang tinggal di kota, desa atau pesisir pantai?

Pertimbangan menganalisis minat dan daya beli konsumen agar pelaksanaan penganalisisan peluang usaha berjalan lancar, maka persyataran pembuatan produk atau jasa perlu mempertimbangkan hal-hal berikut :

  • Membuat model kasar dari produk atau jasa yang diminati konsumen dan disesuaikan dengan daya belinya
  • Menyusun daftar komponen produk atau jasa yang diminati konsumen baik jenisnya, jumlahnya maupun daya belinya
  • Memanfaatkan tenaga pelaksana proses pembuatan produk atau jasa serta pengawasannya yang bertanggung jawab terhadap program perusahaannya

Perhatian dalam menganalisis minat dan daya beli konsumen. Dalam menganalisis peluang usahanya, wirausahawan harus memperhatikan hal-hal berikut :

  1. Membuat produk jasa yang berkualitas, bermanfaat, dan laku terjual sesuai dengan daya beli konsumen.
  2. Membuat atau mendesain produk atau jasa dengan bahan baru atau kombinasi yang diminati sesuai dengan daya beli konsumen.
  3. Membuat produk atau jasa lebih cepat, berfaedah, dan murah sesuai dengan daya belinya.
  4. Memelihara dan memperbaiki sarana kerja, tempat kerja, peralatan kerja, dsb.

Baca Juga :