Analisis Audiens


Analisis Audiens

Analisis AudiensAnalisis Audiens

Untuk dapat melakuakan presentasi bisnis yang baik, pembicara harus dapat menganalisa audiens secara tepat. Analisis audiens sangat membantu para pembicara untuk memahami dengan baik siapa sebenarnya audiensnya. Pemahaman yang baik terhadap audiens akan membantu pembicara dalam penyajiannya. Oleh karena itu, dalam menganalisis audiens seorang pembicara harus mampu menjawab enam pertanyaan mendasar berikut ini. [5]

  1. Siapa Audiensnya?

Analisis audiens ini berkaitan dengan kepada siapa seseorang itu berbicara. Semakin banyak informasi yang dapat diperoleh dari para audiens, pembicara semakin mudah melakukan presentasi secara tepat. Audiens tersebut dapat ditinjau dari sisi pekerjaan atau jabatan, usia, pendidikan, dan lain sebagainya.

  1. Apa yang Diinginkan Audiens?

Agar penyampaian pesan-pesan bisnis sesuai dengan yang diharapkan, pembicara perlu mengetahui apa yang diinginkan audiennya. Dengan memahami apa yang menjadi harapan audiens, seorang pembicara tentunya akan berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan presentasi sebaik mungkin, sehingga dapat memuaskan keinginan audiens.

  1. Di mana Melakukan Presentasi?

Pemahaman tempat presentasi akan membantu pembicara untuk menyusun rencana yang tepat. Misalnya apakah presentasi bisnis menggunakan podium, meja, tau gaya panggung, pakah presentasi dilakukan sebelum atau setelah makan siang, apakah presentasi bisnis dilakukan di kota atau desa dan lain sebagainaya.

Sumber :

https://kaosfullprint.co.id/