8 Mitos Larangan Wanita Hamil Menurut Adat Jawa

8 Mitos Larangan Wanita Hamil Menurut Adat Jawa – Moment kehamilan merupakan moment yg sangat membahagiakan bagi pasangan suami istri yang akan mempunyai butir hati. Saking bahagianya, beberapa orang bahkan rela melakukan apapun demi menjaga kehamilan tersebut supaya senantiasa sehat, kondusif dan nyaman.

Bagi pasangan suami istri dari Jawa, demi menjaga kehamilan nir hanya dilakukan menggunakan menjaga kesehatan dan keamanan kandungan, tetapi jua menghindari segala hal yg menjadi embargo bagi perempuan hamil dari istiadat Jawa. Selain istri yg menghindari segala embargo ini, sang suami pun tak ketinggalan untuk ikut menghindarinya.

Berikut merupakan beberapa larangan bagi perempuan hamil dari istiadat Jawa.

  • Wanita hamil dihentikan duduk pada tengah pintu rumah lantaran berdasarkan mitos Jawa, duduk pada tengah pintu ini akan menciptakan proses kelahiran susah dan menyakitkan.
  • Menurut istiadat Jawa, wanita hamil dilarang merendam sandang kotor terlalu lama . Ini dipercaya sanggup menciptakan kaki ibu hamil bengkak dan terasa berat.
  • Tidak diperkenankan bagi mak hamil buat membunuh segala macam hewan. Suami wanita ini juga dilarang membunuh fauna lantaran dipercaya bisa membuat janin pada kandungan stigma atau bahkan gugur.
  • Wanita hamil tidak boleh bergumam atau “mbhatin” tentang sesuatu hal yg dirasa relatif aneh. Ini dipercaya akan membuat bayi yg dikandung mengalami hal serupa menggunakan apa yang digumamkan ibunya.
  • Ibu hamil tidak boleh menggaruk perut atau bokong yg gatal lantaran ini dipercaya bisa menciptakan kulit bayi pada pada kandungan lebam.
  • Suami perempuan yg sedang hamil tidak boleh memancing atau pun berburu hewan apapun itu. Menurut mitos Jawa, suami yg memancing atau berburu mampu menyebabkan bayi di dalam kandungan cacat atau sumbing.
  • Menurut adat Jawa, wanita yang sedang hamil dilarang menjahit kain menggunakan jarum secara manual. Orang tua zaman dulu percaya bila aktivitas menjahit sanggup menyebabkan bayi lahir cacat.
  • Wanita yg sedang hamil dilarang membakar peralatan bayi atau peralatan buat membersihkan tubuh seperti bungkus sabun, tisu dan sejenisnya. Orang tua zaman dulu percaya apabila membakar benda-benda ini bisa membuat kulit bayi ruam bahkan seperti terbakar.

Baca Juga: