5 Poin Penting Gaya Kepemimpinan Menurut Menteri ESDM

5 Poin Penting Gaya Kepemimpinan Menurut Menteri ESDM – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menaruh kuliah umum kepada mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Aula Barat Kampus ITB, Rabu (17/10/2018).

Kuliah generik Menteri Jonan ini mengangkat tema tentang leadership atau kepemimpinan. Dalam paparannya, Jonan banyak menaruh motivasi pada ratusan mahasiswa yg hadir mengenai bagaimana seharusnya sebagai pemimpin di masa yg akan tiba.

“Menjadi seorang pemimpin itu wajib bertanggungjawab & amanah,” ujar Jonan misalnya dilansir menurut laman fakta ITB.

Berikut 5 poin krusial pada kepemimpin dari Ignasius Jonan:

1. Memberikan teladan

Dia menerangkan, poin yang paling penting dalam kepemimpinan, yakni pemimpin wajib memberikan model, supaya yang dipimpin mau mengerjakan tujuan primer yang hendak dicapai.

2. Target keberhasilan bukan popularitas

Kepemimpinan, lanjutnya yg penting merupakan hasilnya bukan pada popularitasnya. “Pemimpin targetnya adalah output. Bukan sekedar populer,” ujar Jonan yg pernah menjabat Dirut PT. Kereta Api Indonesia (KAI) itu.

3. Kerja keras

Ia bercerita, selama 2009-2014 menjabat Dirut PT. KAI, poly perbaikan pelayanan sudah dilakukan. Meskipun pada dasarnya, dirinya tidak memiliki kemampuan mengenai pengelolaan perkeretaapian.

Kerja keras merupakan kunci dari keberhasilan yang telah dilakukannya itu. “Kerja keras tidak mampu digantikan sang apapun. Leadership galat satunya ditentukan sang kerja keras,” pesannya.

4. Belajar & pengalaman

Selain belajar, ia menekankan kepada mahasiswa ITB buat mengimbangi ilmu pada perkuliahan dengan pengalaman. Pengalaman sangat berharga buat bekal pada dunia kerja. Namun kerja keras permanen sebagai hal yang primer.

5. Melahirkan pemimpin bukan pengikut

“Seorang pemimpin sejati bukan membangun pengikut, akan tetapi membentuk pemimpin yg lain. Kalau mau berhasil, selesai kuliah wajib bekerja keras. Kalau sekolah tinggi itu modal akbar sekali, modal ini tak akan membuat anda sukses jika tidak bekerja keras. Kalau mau jadi pemimpin, ilmunya memberi contoh atau suri tauladan,” ucapnya.

Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi berharap, kuliah generik beserta Menteri Ignasius Jonan ini dapat memperkaya wawasan & pengetahuan mahasiswa terkait perkembangan yang nir terdapat di pada kampus.

“Pemimpin adalah insan biasa yang membentuk karya luar biasa. Salah satu diantaranya merupakan pak menteri kita ini. Insya Allah apa yg disampaikan pak menteri akan memperkaya wawasan dan pengetahuan mahasiswa semuanya,” pesan Rektor. Sumber: Www.Sekolahan.Co.Id